Foto illustrasi.

Jaringan IndiHome di Baros dan Lembursitu Mati Total Lebih dari 24 Jam

KOTA SUKABUMI
Spread the love

Lingkarpena.id, SukabumiIndiHome layanan jaringan internet produk PT Telkom mengalami gangguan di Kecamatan Baros dan Lembursitu Kota Sukabumi. Gangguan berupa mati total tersebut tidak ada pemberitahuan resmi dari pihak Telkom Kota Sukabumi terhadap pelanggan.

Masyarakat penguna jaringan internet IndiHome awalnya biasa saja. Namun, setelah seharian tidak ada koneksi masyarakat pengguna mulai terganggu dan bertanya-tanya.

“Tidak ada pengumuman resmi dari pihak Telkom sebelumnya terkait gangguan ini. Kami menduga awalnya cuma gangguan biasa. Tapi ini udah sehari semalam belum bisa terkoneksi,” kata Dadang warga Cikundul salah satu pengguna IndHome mengeluhkan.

Baca juga:   Disdikbud Kota Sukabumi Pastikan Semua Siswa Dapat Kuota Internet Gratis

Dari kejadian gangguan yang tidak ada kejelasan masyarakat merasa dirugikan. Sebab, jaringan bisnis online rumahan yang menggunakan jaringan IndiHome jelas terhambat.

“Ya, jelas kami merasa rugi hari ini. Telkom seharian mati total. Bisnis warnetkan membutuhkan jaringan IndiHome bukan paket data,” katanya.

Sementara itu, PT Telkom cabang Kota Sukabumi melakukan identifikasi titik jaringan yang rusak. Kejadian gangguan pada jaringan diketahui pada Rabu (09/06/2021) sekitar pukul 09.30 WIB.

Baca juga:   Jadi Area Blank Spot, Desa Cirendang Sulit Akses Internet

Saat ini pihaknya sedang melakukan investigasi terkait jaringan yang putus. Melalui alat ukur perangkat ODC kerusakan terjadi dititik jalan Jalur Lingkar Selatan.

“Saat ini kami masih investigasi titik kerusakan kabel yang putus. Dilakukan pengecekan dari kantor, titik kerusakan ada di titik 5 km ke lokasi,” kata Heri petugas dari PT Telkom saat ditemui lingkarpena.id di Jalan Jalur Lingkar Selatan, Rabu (9/6/2021) malam.

Dikatakannya, tim di lapangan sedang melakukan penggalian terhadap titik kabel yang terputus. Untuk penyebabnya masih dalam dugaan terhadap titik lokasi hasil survei alat Telkom yang ada.

Baca juga:   Pemerintah Subsidi Kuota Internet Pelajar, Begini Cara Mendapatkannya!

“Kami belom bisa pastikan apakah titik yang sekarang digali merupakan kabel yang putus. Masih dicari sumber kabel yang terputus,” ungkapnya.

Hingga saat berita ini diturunkan, layanan komunikasi milik perusahaan plat merah tersebut masih mengalami gangguan sehingga belum bisa mengakses internet.

 

 

Reporter: Aris/Akoy Khoerudin

Redaktur: Dharmawan Hadi

Tinggalkan Balasan