Pedagang aneka jajanan di kawasan pedestrian Dago.

Pedagang Dago Diizinkan Berjualan, Melan: Hak Kesehatan dan Mencari Nafkah Dilindungi UU

KOTA SUKABUMI
Spread the love

Lingkarpena.id, Kota Sukabumi – Para pedagang aneka jajanan makanan dan minuman di Pedestrian Dago di Jalan Ir H Djuanda Kota Sukabumi hari ini kembali mulai berjualan, Selasa (27/07/2021).

Setelah kurang lebih 36 hari berhenti mulai dari tanggal 20 Juni 2021 hingga kemarin 26 Juli 2021, kini aktivitas berjualan di pedestrian Dago mulai nampak ramai kembali dengan banyaknya para pedagang aneka makanan dan minuman.

Ketua Paguyuban Pedagang Dago, Ferdian mengatakan bahwa hasil rapat kemarin, hari ini semua pedagang bisa berjualan kembali.

Baca juga:
Pedagang Kawasan Dago Dilarang Jualan Sementara Pasca Ditemukan 2 Orang Positif Covid-19

“Diizinkannya kembali berjualan berdasarkan hasil pertemuan dengan para pihak terkait, termasuk Pemerintah Kota Sukabumi,” ujar Ferdian kepada wartawan.

Ferdian menambahkan bahwa untuk batas jam operasional berjualannya mengikuti aturan PPKM Level 4 yang dikeluarkan pemerintah pusat yaitu sampai dengan pukul 20.00 WIB dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Sementara itu Anggota Komisi I DPRD Kota Sukabumi Melan Maulana mengatakan kepada lingkarpena.id bahwa hak masyarakat untuk mencari nafkah itu kan dijamin oleh undang-undang, di sisi lain hak untuk mendapatkan perlindungan kesehatan juga dijamin oleh undang-undang dan konstitusi.

Baca juga:
Kawasan Pedestrian Dago Clear Area, Pedagang Minta Solusi Terbaik untuk Semua

“Itu semua kewajiban negara melindungi rakyatnya, dari dua sisi yang berbeda ini bagaimana caranya menemukan jalan tengah atau win-win solution,” ujar Melan kepada lingkarpena.id.

Selanjutnya Melan menerangkan dengan diperbolehkannya berjualan di masa PPKM level 4 ini adalah sebuah solusi dan ini merupakan salah satu bentuk perlindungan ekonomi terhadap masyarakatnya dari pemerintah.

“Saya sebagai warga Kota Sukabumi mengapresiasi kepada Pemkot Sukabumi yang sudah memberikan jalan tengah bagi para pedagang, melindungi ekonomi masyarakatnya juga melindungi kesehatannya dengan cara menerapkan aturan dan teknis penerapan protokol kesehatan,” ujar Melan.

Baca juga:
Pedagang Kawasan Pedestrian Dago Lakukan Swab Test Massal Pasca Ditemukannya 2 Orang Positif Covid-19

Ia berharap di masa pandemi ini seluruh masyarakat Sukabumi bisa menjaga kesehatannya serta terus berikhtiar untuk menjaga ketahanan ekonominya.

Salah satu pedagang Es Jely yang tidak mau disebutkan namanya menungkapkan rasa syukurnya atas diijinkannya berjualan kembali

“Alhamdulillah kami diberi kesempatan untuk mencari rejeki, karena sebelumnya kami nganggur tak ada kerjaan, mudah-mudahan kami para pedagang di Dago usaha kami ini bisa kembali normal lagi,” ujarnya.

 

 

Reporter:   Eka Lesmana

Redaktur:  Dharmawan Hadi

Tinggalkan Balasan