Petugas P2BK dan relawan saat membersihkan lumpuran pasca banjir di salah satu rumah warga yang terdampak banjir di Kecamatan Parakansalak. [Foto: Ist]

Banjir Rendam Rumah Warga di Dua Desa, di Kecamatan Parakansalak Sukabumi

KABUPATEN SUKABUMI
Spread the love

Lingkarpena.id, Kabupaten SukabumiBanjir merendam rumah warga di Desa Bojongasih dan Desa Lebaksari Kecamatan Parakansalak Kabupaten Sukabumi, pada Sabtu, 7 Agustus 2021 sekitar pukul 23:30 WIB malam.

Intensitas hujan besar selama tiga jam tersebut, menyebabkan dua Desa di Kampung Lebaknangka RT 04/01 Desa Bojongasih dan Kampung Tangkil RT 02/04 Desa Lebaksari Kecamatan Parakansalak, terendam banjir.

Baca juga:
Tiga Rumah Rusak Akibat Puting Beliung dan Banjir Setinggi 15 Cm Terjadi di Kota Sukabumi

Banjir sendiri selain curah hujan yang cukup besar dan lama, juga disebabkan adanya saluran pembuangan air tertutup sampah. Sehingga air meluap dan membanjiri pemukiman warga disekitar tempat dimana drainase saluran air yang tidak lancar tersebut.

Melihat kondisi demikian, Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Parakansalak, Jujun Juaeni, segera melakukan koordinasi dengan Muspika Kecamatan Parakansalak, serta Pemdes masing-masing dan langsung melakukan assessment ke lokasi kejadian bencana.

“Ya, banjir diakibatkan adanya selokan yang tertutup sampah sehingga air meluap ke pemukiman warga. Sekitar 10 rumah warga di dua desa terendam air,” kata Jujun Juaeni, kepada wartawan Minggu (8/8/2021) pagi.

Baca juga:
Kebakaran di Caringin Sukabumi, Satu Korban Alami Luka

Tim relawan dan P2BK Kecamatan Parakansalak segera melakukan evakuasi atas bencana yang terjadi di dua desa tersebut. Setelah diketahui sumbernya, banjir perlahan-lahan mulai surut dari pemukiman warga.

“Hujan besar malam tadi mulai pukul 21:00 WIB hingga pukul 23:30 WIB. atas bencana banjir ini tidak ada korban jiwa. Kerugian yang ditimbulkan akibat banjir masih dalam hitungan pihak pemerintah desa masing-masing,” tutupnya.

Redaktur: Akoy Khoerudin

Tinggalkan Balasan