Tim Pemadam Kebakaran Sagaranten saat memadamkan api di lokasi kebakaran di Desa Cibadak Kecamatan Pabuaran. [Foto: Ram]

Rumah Ludes Terbakar di Pabuaran Sukabumi, Api Diduga dari Kompor

KABUPATEN SUKABUMI
Spread the love

Lingkarpena.id, Kabupaten Sukabumi – Sebuah rumah ludes terbakar di Kampung Batu Numpang, RT 009/005 Dusun Citaritih, Desa Cibadak, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Sukabumi, Senin(16/08/2021) pagi.

Api diduga dari tabung gas yang meledak saat pemilik keluar rumah dan lupa mematikan kompor. Sebelum terjadi kebakaran sempat terdengar ada ledakan dari dalam dapur pemilik rumah. Peristiwa kebakaran terjadi sekitar pukul 09:00 WIB pagi tadi.

1 unit mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) Sagaranten dikerahkan ke lokasi kebakaran setelah menerima laporan dari Pemerintahan Desa Cibadak. Di lokasi kejadian turut membantu Anggota Polsek Lengkong Polres Sukabumi, Anggota Babinsa Koramil 2210 Pabuaran, BPBD Pabuaran, Satpol PP Kecamatan Pabuaran, Pemerintahan Desa Cibadak dan warga masyarakat yang turut membantu memadamkan api.

Baca juga:
Diduga Korsleting Listrik, Rumah Nenah di Kadudampit Sukabumi Terbakar

Kepala Dusun (Kadus) Citaritih Yusuf Ansori menerangkan, korban kebakaran bernama Nursidin (55 ) dengan jumlah penghuni 6 jiwa. Api bersumber dari tabung gas yang meledak saat Juaeriah keluar rumah dan lupa mematikan kompor karena asik mengobrol.Api dapat dikuasai dan dipadamkan setelah mendapat bantuan tim pemadam kebakaran pada pukul 10:00 WIB.

“Kebakaran terjadi sekitar pukul 09.00 WIB. Sebelumnya terdengar ada ledakan, lalu api terlihat menyala dan merembet dari dalam dapur rumah Nasrudin. Rumah Nasrudin, dihuni 6 jiwa, semua selamat,” terang Yusuf, kepada lingkarpena.id Senin, (16/8/2021) di lokasi kejadian.

Api dengan cepat membakar rumah Nasrudin karena material rumah bagian dapur terbuat dari bahan kayu dan bambu. Api merembet cepat kebagian atap rumah dan langsung membesar, warga berusaha memadamkan api dengan alat seadanya sebelum tiba tim pemadam kebakaran.

Baca juga:
Suami Keluar Kota, Ibu dan Anak Kehilangan Rumah

“Api awalnya membakar bagian dapur rumah Nasrudin dan menjalar ke atap rumah. Kami panik dengan warga hanya bisa memadamkan semampunya,” ujar Yusuf.

Api dapat dikuasai sekira pukul 10.00 WIB setelah tiba petugas Damkar Sagaranten, bersama tim gabungan P2BK Pabuaran. Namun, kondisi rumah beserta isinya sudah ludes termakan api dan tidak bisa terselamatkan. Nasrudin mengalami kerugian materi yang cukup besar akibat bencana kebakaran tersebut.

Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Pabuaran, Rida Agung Yogasmara, segera melakukan assessment dan cek lokasi serta melakukan pendataan di lokasi bencana kebakaran. Rida menghimbau warga sekitar agar tetap selalu waspada dengan segala bentuk bencana yang bakal terjadi di masyarakat.

“Tidak ada korban jiwa atas insiden kebakaran ini. Dari kerugian materi yang dialami Nasrudin, mencapai di angka 63.350.000. Rupiah,” terangnya.

 

Reporter: Ram
Redaktur: Akoy Khoerudin

Tinggalkan Balasan