Eforia hari kemerdekaan RI ke 76 anak-anak perempuan di Cikundul usai menempuh perjuangan lomba Panjat Pinang. [Foto: Ist]

Kemerdekaan Ditengah PPKM, Anak Perempuan di Cikundul Meriahkan dengan Panjat Pinang

KOTA SUKABUMI
Spread the love

Lingkarpena.id, Kota Sukabumi – Merayakan hari kemerdekaan RI ke 76 ditengah PPKM pandemi Covid-19 tidak begitu banyak dimeriahkan diberbagai daerah. Namun semangat memeriahkan hari kemerdekaan dari anak-anak Sekolah Dasar (SD) Negeri dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) tak menyurutkan semangat mereka.

Hari bersejarah bangsa Indonesia pada 17 Agustus selalu diwarnai dengan kemeriahan berbagai lomba. Cara dan budaya tersebut, merupakan adat yang sudah melekat di masyarakat dalam mengisi hari kemerdekaan. Seperti yang dilakukan para anak-anak SD dan SMP di RW 07 Kelurahan Cikundul Kecamatan Lembursitu Kota Sukabumi.

Baca juga:
Narapidana di Sukabumi Sujud Syukur Saat Dinyatakan Bebas di HUT RI Ke 76

Panitia HUT RI ke 76 Cikundul Girang yang dikomando Karang Taruna memeriahkan hari kemerdekaan dengan kegiatan lomba-lomba seperti biasanya. Namun, kali ini ada yang lebih menarik dari perlombaan ketika melibatkan anak-anak perempuan untuk mengikuti lomba panjat pinang layaknya kaum laki-laki.

Antusias para anak-anak perempuan secara dengan semangat mereka untuk mengambil hadiah yang ada diatas tiang. Sorak pendukung dari masyarakat ibu-ibu dan kawan-kawan nya menyemangati para pejuang perempuan dalam meraih keberhasilan saling dukung dan saling support demi satu tujuan kemenangan pada sebuah perjuangan demi sebuah kemerdekaan.

“Ya kemerdekaan merupakan melalui tahapan perjuangan yang cukup panjang dan penuh rintangan. Pejuang kemerdekaan perempuan ya ada tentunya. Simbol perlombaan panjat pinang ini merupakan sebuah gambaran perjuangan yang kami edukasi terhadap, anak-anak. Bahwa merebut, kemerdekaan itu tidak mudah, perjuangan itu melalui rintangan,” kata Ketua Panitia HUT RI RW 07 Cikundul Girang, Cacu Hidayat, (Baduy) saat bincang-bincang dengan lingkarpena.id Selasa (17/8/2021) di, lokasi kegiatan.

Baca juga:
Momentum HUT RI Ke 76, PWI Kabupaten Sukabumi Untuk Berbagi

Baduy menambahkan, lomba ini salah satunya mengajarkan anak-anak agar tidak melupakan sejarah bangsa Indonesia bagaimana sulitnya para pahlawan dalam merebut Kemerdekaan RI dari tangan penjajah dahulu. Bung Karno bilang ‘Jangan pernah melupakan sejarah,’ maka dari itu, kali ini kami tampilkan anak-anak perempuan SD dan SMP untuk ikut serta dalam perlombaan panjat pinang guna mengedukasi pendidikan sejarah yang mulai punah.

“Seru dan unik tentu ada pada lomba yang satu ini. Ya perempuan kan, secara sangat berbeda dengan anak laki-laki yang sudah terbiasa memanjat. Ini cuma sekedar hiburan untuk memeriahkan hari kemerdekaan saja. Tapi unik, jika hadiah diatas tiang panitia tambahkan ekor ayam,” timpalnya.

 

 

Reporter: hoer
Redaktur: Akoy Khoerudin

Tinggalkan Balasan