Satgas 7 Citarum saat melakukan pemeliharaan pohon Vetiver di bantatan Sungai Citarum. [Foto: Ist]

8.000 Vetiver Hiasi Bantaran Sungai Citarum, Ternyata Ini Manfaatnya!

NASIONAL
Spread the love

Lingkarpena.id, BANDUNG – Tak kurang dari 8.000 pohon tumbuhan Vetiver ditanam menghiasi bantaran sungai Citarum. Satuan tugas (Satgas) Sektor 7 melakukan penanaman tumbuhan Vetiver guna mencegah terjadinya erosi pada bantaran sungai Citarum. Penanaman tumbuhan Vetiver sendiri sudah dimulai sejak tahun 2020 lalu.

Bencana selalu ditandai dengan bergeraknya tanah dari posisi awal ini memang menjadi perhatian banyak orang, tak terkecuali pemerintah. Sudah banyak usaha yang dilakukan oleh pemerintah untuk meminimalkan terjadinya bencana khususnya di wilayah bantaran sungai Citarum.

Salah satu cara yang cukup menarik dan menjadi perhatian banyak pihak ialah melakukan penanaman tumbuhan Vetiver. Tak luput dari pemantauan Satgas Citarum dan jajarannya tentang vetiver ini untuk ditancapkan di sepanjang bantaran Sungai Citarum. Selain memicu keindahan bantaran sungai juga terdapat manfaatnya.

Baca juga:
Baksos LSM Dampal Jurig, Tanam 500 Pohon di Tempat Sejarah Bojongkokosan

Beberapa bulan yang lalu masih di Tahun 2021, Sektor 7 Satgas Citarum harum menanam rumput Vetiver, tak kurang dari 8.000 bibit Vetiver. Bibit Vetiver merupakan bantuan dari Citarum Care–Vetiver Indonesia, dimana bibit Vetiver tersebut sudah ditanam di bantaran Sungai Citarum, untuk wilayah Sub 01, Sub 03, Sub 05, Sub 07, Sub 08 dan Sub 09 oleh jajaran Sektor 7 Satgas Citarum.

Diketahui bahwa tanaman rumput Vetiver saat ini telah tumbuh dengan baik dan sangat memberikan dampak instan mencegah adanya longsor akibat terkikisnya tanah oleh air sungai. Vetiver memiliki akar yang panjang dan mencengkeram dengan kuat kedalam tanah, sehingga sangat dimungkinkan erosi bantaran dapat terminimalisir.

“Sub 01 dan Sub 06 Sektor 7 Satgas Citarum kini memelihara dan merawat tanaman vetiver. Tanaman Vetiver terlihat tumbuh luar biasa subur, lebat dan sehat,” kata Komandan Sektor 7 Satgas Citarum, Kolonel Inf Jefson Marisano, kepada awak media, Rabu (1/9/2021).

Jefson Marisano memerintahkan jajaran Sub-sub Sektor agar selalu memelihara tanaman rumput Vetiver dengan memangkas atau memotong, serta merapikan tanaman rumput Vetiver yang berada di bantaran Sungai Citarum.

Baca juga:
Puluhan Saka Wira Kartika Tanam Fetiver di Lokasi TMMD Ke 110 Kodim 0607/ Kota Sukabumi

“Tanaman Vetiver bagi Sungai Citarum dinilai sebagai salah satu jenis tanaman yang berguna untuk mencegah longsor. Selain itu, tanaman ini pun bisa mereduksi dampak pencemaran limbah yang sangat berbahaya,” kata Jefson.

Dikatakan Jefson, Dansub 01 Sektor 7 Serma Erfin, di Dayeuhkolot dan Dansub 06 Sektor 7 Serda Subagyo di Bojongmalaka menyebutkan, bahwa tanaman Vetiver ini ditanam pada awal Tahun 2020. Namun, kata Dia ada juga yang ditanam sekitar Maret 2021 dan terlihat dengan kondisi saat ini sangat subur dan lebat tertanam di bantaran Sungai Citarum.

“Ya sudah terbukti bahwa Vetiver ini dapat mencegah erosi, mencegah terkikisnya tanah bantaran sungai dan bisa menghambat bila terjadi banjir bandang. Kini kami anggota Sub Sektor dan para Relawan Citarum merawat memelihara, memangkas dan merapikan tanaman vetiver yang ada di bantaran sungai wilayah kami,” sambungnya.

 

 

 

Redaktur: Akoy Khoerudin
Sumber: ram/Pendam III/Siliwangi

Tinggalkan Balasan