BRIPKA Eni Kusrini mendapatkan penghargaan Polwan terbaik Polres Sukabumi. [Foto: Ist]

BRIPKA Eni Kusrini Polwan terbaik Polres Sukabumi.

KABUPATEN SUKABUMI
Spread the love

Lingkarpena.id, SUKABUMI – Kapolres Sukabumi AKBP Dedy Darmawansyah memberikan penghargaan kepada personil Polres Sukabumi yang berprestasi dan Polsek teraktif dalam pengisian aplikasi Bersatu Lawan Covid-19 (BLC), Kamis (02/09/2021) di lapang apel Mapolres Sukabumi.

Dari sekian personil Polres Sukabumi yang mendapat penghargaan, ada satu sosok personil polwan yang menarik perhatian yaitu Bripka Eni Kusrini.

Mengapa Bripka Eni begitu menarik, ternyata Bripka Eni saat ini bertugas sebagai Bhabinkamtibmas Desa Cikembar Polsek Cikembar Polres Sukabumi.

Bhabinkamtibmas di Polri selama ini identik dijabat oleh polisi pria. Namun kali ini berbeda, Bripka Eni sosok polisi wanita yang selain mampu juga berprestasi sebagai Bintara pembina desa atau Bhabinkamtibmas.

Eni sosok ibu dari tiga orang anak ini, dipercaya pimpinan Polres Sukabumi untuk melaksanakan tugas sebagai Bhabinkamtibmas Desa Cikembar Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi yang masuk wilayah hukum Polsek Cikembar.

Baca juga:
Hari Jadi ke-73 Polwan RI, Kapolri: Jadilah Srikandi Polri yang Membawa Harum Nama Institusi

Sebagai Bhabinkamtibmas desa Eni yang juga merupakan istri dari anggota TNI tentunya banyak disibukkan dengan kegiatan lapangan yang mengharuskan dirinya selalu berada di tengah masyarakat binaannya.

Eni ibu polwan sosok sederhana dan bersahaja ini, setiap hari tanpa mengenal waktu melaksanakan tugasnya selaku Bhabinkamtibmas desa dari mulai sambang, silaturahmi, pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat bahkan ikut terlibat aktif dalam penyelesaian setiap permasalahan yang muncul di desa binaannya (problem solving).

Dalam ceritanya Eni mengkisahkan ada pengalaman menarik sewaktu menyelesaikan persoalan warganya manakala ia harus menyelesaikan warga yang tertangkap sedang mengintip seorang wanita yang sedang mandi.

“Sebetulnya saya sebagai seorang wanita merasa kesal juga dengan kelakuan warganya, karena sebagai seorang wanita pasti marah dan kesal kalau di intip sedang mandi, namun sebagai seorang polisi dan pembina desa saya harus mengesampingkan perasaan saya dan alhamdulillah masalahnya bisa diselesaikan secara kekeluargaan”, jelas Eni sambil tersenyum ramah.

Di musim pandemi covid-19 ini tugasnya sebagai ibu Bhabin tentunya semakin berat bagi Eni, dirinya terlibat aktif dalam setiap agenda penanganan covid-19 di wilayahnya dari mulai pendisiplinan masyarakat agar patuh menerapkan protokol kesehatan, monitoring bansos, penelusuran kontak erat dengan orang terpapar covid-19 (tracer covid), kegiatan pengawalan vaksin dan bahkan dirinya hadir dalam setiap pemakaman pasien covid-19 yang merupakan warganya.

Baca juga:
7.350 Botol Miras Dimusnahkan Polres Sukabumi, di Hari Jadi Polwan Ke 73

Bagi Eni yang juga seorang ibu rumah tangga ini tentunya jabatan Bhabinkamtibmas merupakan tantangan sendiri karena harus berbagi waktu antara kepentingan keluarga dan dinas dan bersyukur mempunyai suami yang mengerti akan tugasnya.

“Saya sangat senang bertugas menjadi seorang Bhabinkamtibmas karena saya bisa bertemu dan bersilaturahmi dengan setiap orang dan saya menjadi banyak pengalaman”, ujar Eni kepada awak media.

Dihari jadi Polwan ke 73 ini Bripka Eni mengajak kepada sesama koleganya sesama polwan untuk tidak ragu apabila di tugaskan sebagai Bhabinkamtibmas di desa karena jadi bhabin seperti dirinya bisa melayani masyarakat secara langsung.

Sementara Kapolres Sukabumi AKBP Dedy Darmawansyah menyatakan Bripka Eni hari ini Rabu (02/09/2021) layak diberi apresiasi dan penghargaan sebagai Polwan terbaik atas dedikasi dan kinerjanya yang sangat baik dalam menjalankan tugasnya selaku Bintara pembina desa atau Bhabinkamtibmas. (*)

 

 

Redaktur: Akoy Khoerudin
Sumber: hum polres smi

Tinggalkan Balasan