Rumah tinggal milik Supendi di Desa Cipeuteuy Kabandungan yang tertimbun material longsor. [Foto: Ist]

Longsor di Sukabumi, Timbun Rumah Warga

KABUPATEN SUKABUMI
Spread the love

Lingkarpena.id, SUKABUMI – Intensitas curah hujan pada pekan ini cukup tinggi sehingga menyebabkan beberapa lokasi di Kabupaten Sukabumi mengalami longsor. Bencana longsor yang terjadi pada Sabtu 11 September 2021 sekira pukul 19:45 WIB malam menimbulkan tertimbunnya rumah tinggal milik warga.

Peristiwa tertimbun rumah tinggal milik warga terjadi di Kampung Leuwi Waluh RT 003/007 Desa Cipeuteuy Kecamatan Kabandungan Kabupaten Sukabumi. Rumah tinggal yang dihuni 5 jiwa tersebut, nyaris tenggelam oleh longsoran material tanah yang menutupinya.

Rumah tinggal yang mengalami bencana tertimbun material longsoran di desa Cipeuteuy merupakan milik Supendi (37). Pemilik rumah Supendi dan kelima orang lainnya kini mengungsi di rumah saudaranya yang terdapat di desa Cipeuteuy Kecamatan Kabandungan.

Baca juga:
Longsor Tutup Jalan Kabandungan dan Ancam 4 Rumah di Sukabumi

Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Kabandungan segera melakukan koordinasi dengan Muspika serta tim relawan bencana setempat. Melakukan assessment ke lokasi kejadian serta memberikan himbauan kepada warga masyarakat sekitar agar selalu mewaspadai adanya bencana susulan mengingat cuaca yang masih ekstrem.

“Bencana longsor yang menimbulkan tertimbunnya rumah milik Supendi, Alhamdulillah tidak terdapat korban jiwa. Kerugian akibat bencana masih dalam tafsiran,” seperti yang dilaporkan Pusdalops BPBD Kabupaten Sukabumi, Sandra Fitria kepada wartawan, Minggu (12/09/2021).

Tidak hanya di Kecamatan Kabandungan, longsor juga terjadi di, Kecamatan Kalapanunggal Kabupaten Sukabumi pada hari yang sama. Longsor terjadi di Kampung Pulosari RT 28/10 Desa Cibogo Kecamatan Kalapanunggal mengancam rumah warga serta menutup saluran irigasi di daerah tersebut.

Baca juga:
Longsor Tebing Setinggi 50 Meter di Nagrak Tutup Saluran Irigasi, 60 Hektar Sawah Terdampak

Berdasarkan laporan Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Kalapanunggal Rian, bencana yang terjadi juga disebabkan oleh tingginya intensitas hujan pada hari Sabtu kemarin. Sehingga longsor terjadi dan mengancam rumah milik salah warga Pulosari Desa Cibogo.

“Kami bersama tim relawan bencana sudah melakukan upaya dan menghimbau warga terutama pemilik rumah agar waspada. Selain rumah yang terancam longsor irigasi sawah di Pulosari tidak teraliri karena tertutup sebagian material longsoran,” jelas Rian.

 

 

Redaktur: Akoy Khoerudin
Sumber: bpbd/smi

Tinggalkan Balasan