Kepala Desa Gunungguruh Panji Purnama Cahyana (kiri) saat hendak menebarkan benih ikan lele di lokasi Pokdakan Sejahtera Sadaya. [Foto: Akoy Khoerudin]

Pemdes Gunungguruh Apresiasi Pokdakan Sejahtera Sadaya Berdayakan Potensi Perikanan

KABUPATEN SUKABUMI
Spread the love

Lingkarpena.id, SUKABUMI – Pemerintah Desa (Pemdes) Gunungguruh memberikan apresiasi kepada kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) Sejahtera Sadaya desa Gunungguruh. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Desa Gunungguruh Panji Purnama Cahyana, saat penyebaran benih ikan lele di lokasi pembudidayaan ikan, pekan lalu.

Menurut Kepala Desa Gunungguruh, di wilayah pemerintahan desa terdapat potensi yang sangat signifikan jika dikembangkan melalui pembudidayaan ikan tersebut. Sebab di wilayah Kararangge itu sumber potensi airnya cukup bagus dan selalu mengalir.

Selain potensi perikanan juga terpelihara lahan pertanian yang terus menghasilkan padi bermutu. Maka dari itu, pihak pemerintah desa terus mendorong Pokdakan untuk meningkatkan pada program perikanan di wilayah Desa Gunungguruh kedepan.

Baca juga:
Pokdakan Sejahtera Sadaya Gunungguruh, Terima 500 Kilogram Pakan Mandiri dan 100.000 Benih Ikan dari BBPBAT

“Ya, harapan kami sebagai pemerintah desa sangat mengapresiasi terhadap program yang satu ini. Kami sangat mendukung langkah bagus ya digagas para pemuda kreatif di Gunungguruh,” ujar Kepala Desa Gunungguruh, Panji Purnama Cahyana, saat ditanya lingkarpena.id di lokasi Pokdakan.

Dikatakan Kepala Desa, Pokdakan Sejahtera Sadaya mampu mendongkrak dan memulihkan perekonomian dimasa pandemi covid-19 melalui program yang di jalankan ini. Kedepan, rencananya lumbung desa (Bumdes) Gunungguruh akan diarahkan ke dua sisi sumber perekonomian melalui program perikanan dan pertanian.

“Ya, ini merupakan wacana kita kedepan untuk potensi perekonomian di wilayah desa Gunungguruh melalui dua program perikanan dan pertanian. Kami juga berharap Pokdakan segera membentuk dan membuat wadah baru dimasyarakat terkait pembudidayaan ikan ini,” terang Panji.

Baca juga:
Sayyid Agiel: Genjot Sektor Perikanan, Pokdakan Tebar 100 Ribu Benih Ikan

Sementara itu, Ketua PK KNPI Gunungguruh yang sekaligus pembina Pokdakan Sejahtera Sadaya Sayyid Agiel mengatakan, berkaitan dengan wacana pembudidayaan ikan air tawar di wilayah Gunungguruh sudah menjadi konsep awal. Sebab, dirinya dengan Ketua Pokdakan Bung Uus yang juga merupakan Bidang Perikanan pada PK KNPI Gunungguruh melihat potensi perikanan itu cukup menjanjikan untuk dikembangkan di kalangan masyarakat saat ini.

“Kemajuan pola pikir kita memang harus dirubah secara pelan pelan. Dulu, jika masyarakat ingin bergerak pada bidang perikanan harus memiliki kolam dengan lahan luas. Nah, sekarang bisa disiasati dengan cara sederhana tapi menjanjikan, kita cukup punya lahan dengan kolam buatan melalui terpal, kolam itu sudah bisa mengembangkan budidaya ikan,” tambah Agiel.

 

 

Redaksi: lingkarpena.id
Redaktur: Akoy Khoerudin

Tinggalkan Balasan