Sebuah bangunan Masjid di Desa Mekartanjung Curugkembar tersambar petir, Senin (23/9/2021). [Foto: Ist]

Sebuah Masjid di Curugkembar Sukabumi Tersambar Petir

KABUPATEN SUKABUMI PERISTIWA
Spread the love

Lingkarpena.id, SUKABUMI – Terdapat kejadian sangat langka pada Senin 13 September 2021 kemarin. Sebuah Masjid di Kampung Pasir Bitung RT 004/002 Desa Mekartanjung Kecamatan Curugkembar tersambar petir.

Peristiwa itu terjadi sekira pukul 17:00 WIB terdapat hujan lebat yang disertai angin kencang. Namun tiba-tiba petir menyambar keras menara Masjid Pasir Bitung sehingga terdapat kerusakan berat pada bagian menara Masjid tersebut.

Baca juga:
Pohon Tumbang dan Timpa Rumah Warga di Cibadak Sukabumi

Posisi Masjid yang posisinya tepat berada di pinggir sawah terlihat jelas kerusakan pada bawah bagian menara. Bangunan atap yang mendekati menara terdapat song pok atau istilah Speaker Toa didalamnya. Terdapat kemungkinan petir menyambar karena disana terdapat magnet yang memicu kilatan petir.

“Memang pada Senin sore di wilayah Kecamatan Curugkembar terdapat hujan lebat disertai angin kencang. Namun yang paling ngeri disini sering dibarengi petir,” kata P2BK Curugkembar, Suryana kepada awak media.

Baca juga:
Bencana Longsor di Empat Kecamatan Kabupaten Sukabumi, Terus Mengintai

Beruntung pada saat terjadi bencana Masjid tersambar petir, jemaah Masjid usai melakukan sembahyang ashar. Genteng dan alat bangunan lainnya terdapat kerusakan. Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan, segera berkoordinasi dengan tim relawan serta melakukan assessment ke lokasi kejadian.

“Pada peristiwa itu tidak terdapat korban jiwa maupun luka. Kerugian Masjid akibat sambaran petir menurut tafsiran mencapai 20 Jutaan. Pada kejadian itu kami menghimbau masyarakat agar selalu waspada apabila terdapat kejadian serupa,” jelas Suryana.

 

Redaksi: lingkarpena.id
Sumber: bpbd smi

Tinggalkan Balasan