Camat Purabaya Mulayadi bersama Kapolsek AKP Tenda Sukendar dan Kepala Desa Cimerang Nyanyang Resmana, saat berada dilokasi Goa Kembar. [Foto: Ram]

Goa Kembar di Cimerang Purabaya, Ekspedisi Unik Wisata Baru

KABUPATEN SUKABUMI
Spread the love

Lingkarpena.id, SUKABUMI – Pemerintah Desa (Pemdes) Cimerang Kecamatan Purabaya memiliki potensi wisata yang unik, namanya Goa Kembar. Muspika Kecamatan Purabaya, pada Rabu 15 September 2021 melakukan ekspedisi ke Goa Kembar yang merupakan salah satu Spot Wisata baru di Desa Cimerang Kecamatan Purabaya itu.

Lokasi Goa Kembar terdapat di Kampung Gunungbuleud RT 05/06 Desa Cimerang. Letak Goa Kembar tidak jauh dari jalan Provinsi Sagaranten-Jubleg, kurang lebih cuma 200 meter dari jalan Raya tersebut.

Potensi dan keunikan Goa Kembar tidak dimiliki oleh goa-goa lain yang terdapat di Kabupaten Sukabumi. Goa Kembar, memiliki ciri khas tersendiri dengan kedua lorong yang dimilikinya maka dinamakan Goa Kembar.

Baca juga:
Keren, Pemdes Cimerang Kembangkan Wisata Goa Kembar

“Hari ini kami bersama Pak Kapolsek juga Pak Kades, mencoba menelusuri Goa Kembar yang ada di Kampung Gunungbuleud Desa Cimerang ini. Tentu dengan bantuan pemandu wisata Goa Kembar,” kata Camat Purabaya, Mulyadi, kepada lingkarpena.id Rabu, (15/9) di lokasi Goa.

Dikatakan Mulyadi, keberadaan Goa Kembar menambah potensi baru di wilayah Kecamatan Purabaya. Untuk itu perlu didukung dan dirawat serta pemeliharaan, terutama pada akses jalan menuju lokasi Goa.

“Iya, untuk spot goa kembar ini sudah sangat bagus, ditambah lokasinya tidak begitu jauh dan mudah dijangkau. Ya, soal akses jalan menuju lokasi nanti bisa dirembukan dengan kepala desa dan dinas terkait tentunya,” terang Camat.

Sementara itu, pemandu wisata Goa Kembar Tatang Jaelani menambahkan, pada goa kembar terdapat salaktit dan salakmit, yaitu merupakan karakter yang unik terlihat dari besar salaktit dan salakmit pada goa tersebut.

Baca juga:
Sandiaga Uno: Cisande Masuk 50 Besar ADWI 2021, Ini Simbol Kemajuan Pariwisata Indonesia

“Didalamnya terdapat dua jalur goa, dimana jalur ke arah kanan menuju suatu ruang utama goa yang luas, sedangkan ke arah kiri terdapat aliran air dasar goa,” tambah Tatang.

Dijelaskannya pada goa kembar terdapat tiga jalur lain yang hanya dapat di lalui dengan cara berjalan menyamping sehingga bisa menembus ke sisi tempat lainnya.

“Ya, dalam goa terdapat salaktit dan salakmit yang berkarakter unik. Dan di dalam terdapat tiga jalur lain yang hanya bisa dilalui dengan cara berjalan dengan badan miring. Nah dengan begitu kita baru bisa menembus ke sisi ruangan lainnya,” jelas Tatang.

 

Reporter: Ram
Redaktur: Akoy Khoerudin

Tinggalkan Balasan