Salah satu siswa SMK Riyadlul Jannah saat menjalani vaksinasi, di aula Kelurahan Cikundul, Kamis (14/10/2021). [Foto: Ist]

Kelurahan Cikundul Gandeng Puskesmas Genjot Vaksinasi, Ini Saran Sebelum Jalani Vaksin

KOTA SUKABUMI
Spread the love

Lingkarpena.id, SUKABUMI KOTA – Gebyar vaksinasi di pemerintahan Kelurahan Cikundul terus digenjot guna pencapaian dan peningkatan herd immunity warga masyarakat. Kegiatan vaksinasi yang secara rutin dilaksanakan dua kali dalam satu minggu ini terus continue digelar pemerintah kelurahan dengan menggandeng Puskesmas Kelurahan Cikundul.

Antusiasme warga masyarakat setiap penjadwalan terus di serbu warga. Baik masyarakat umum, pelajar SMK dan lansia yang mendatangi langsung pusat kegiatan vaksinasi yang di gelar di aula Kelurahan Cikundul, Kamis (14/10/2021)

Kegiatan vaksinasi yang diselenggarakan di aula kantor pemerintah kelurahan Cikundul merupakan tiap hari Selasa dan Kamis. Hal itu dilakukan guna mempercepat pencapaian sesuai dengan target pemerintah daerah Kota Sukabumi dan Pusat.

Baca juga:
Puskesmas Cikundul Terus Genjot Vaksinasi Massal, Ini Kata Agus Heryanto

“Kami terus memobilisasi warga masyarakat agar mengikuti kegiatan vaksinasi yang di kawal tim kesehatan Puskesmas Cikundul ini. Hasilnya hari ini cukup gebyar dengan kehadiran para peserta Siswa SMK Riyadllul Jannah,” ucap Lurah Cikundul, Agus Heryanto kepada lingkarpena.id Kamis (14/10) di Kantor Kelurahan Cikundul.

Dikatakan Agus, gebyar vaksinasi yang diselenggarakan atas bantuan para kader PKK, Posyandu, Ketua RW dan RT di, masing-masing wilayah. Kami himbau agar melakukan woro-woro terhadap masyarakat yang belum mengikuti vaksinasi.

“Dalam kegiatan vaksinasi yang setiap Selasa dan Kamis di gelar di aula Kelurahan Cikundul ini, kami pemerintah Cikundul cuma memfasilitasi tempat dan memobilisasi warga. Tim kesehatan yang terus berperan aktif memberikan pelayanan kesehatan melalui vaksinasi gratis dengan penuh semangat. Ya, pasti dengan tujuan percepatan serta penguatan terhadap herd immunity warga masyarakat,” tambah Agus.

Sementara itu, melalui tim kesehatan Puskesmas yang diwakili dr. Annisa menyatakan, Puskesmas Cikundul sendiri mengcover tiga kelurahan di Kecamatan Lembursitu ini. Namun, upaya maksimal tenaga medis dan tim kesehatan terus meningkatkan pelayanan vaksinasi terhadap warga masyarakat Cikundul dan dua kelurahan lainnya secara rutin dilaksanakan setiap hari Selasa dan Kamis itu.

Baca juga:
Kadin Kecewa, BPJS Ketenagakerjaan Tidak Support Gebyar Vaksin di Sukabumi

“Kami terus berupaya memberikan pelayanan terbaik sesuai fungsinya. Sekitar 13 orang petugas dari tim kesehatan terlibat dalam kegiatan vaksinasi yang secara rutin dilaksanakan ini. Namun kita buat dua tim. Selain kegiatan rutin seperti hari ini, kami juga berikan pelayanan jemput bola,” ujar dr. Annisa menyatakan.

Dikatakan dr. Annisa, pelaksanaan kegiatan vaksinasi bagi peserta melalui tahapan pengecekan kesehatan sebelum menjalani vaksinasi. Terlebih dahulu dilakukan cek kesehatan, tensi, dan terkadang ada penundaan waktu jika salah satu peserta yang didapati tensi yang tinggi seperti terdapat 180 tekanan tensi. Maka jika ditemukan hal seperti itu ada penundaan selama 15 menit dan kemudian dilakukan kembali tensi.

“Kami lebih berhati-hati dalam melaksanakan vaksinasi. Karena dikhawatirkan terjadi kesalahan jika terdapat penyertaan penyakit bawaan melalui peserta vaksin yang nantinya akan terjadi fatal jika dipaksakan. Reaksi setelah menjalani vaksinasi pasti ada dan itu tergantung imunitas tubuh peserta. Maka, kami sarankan kepada peserta vaksinasi agar sarapan atau makan terlebih dahulu sebelum menjalani vaksinasi,” pungkasnya.

 

 

Redaksi: lingkarpena.id
Redaktur: Akoy Khoerudin

Tinggalkan Balasan