Dua Titik Ruas Jalan di Ciemas Sukabumi Terendam Banjir Langganan Capai 1 Meter

Kondisi ruas Jalan di Kecamatan Ciemas terendam banjir roda empat pun sulit melewati banjir.| Istimewa

LINGKARPENA.ID | Dua titik diwilayah Pajampangan terdampak Banjir langganan diruas jalan milik Provinsi Jawa Barat, tepatnya dijembatan Cidahon dan jembatan Ko Sohir yang merupakan akses vital warga Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, lumpuh total, Kamis (02/03/2023).

Berdasarkan informasi dari Petugas Penanggulangan Bencana (P2BK) Ciemas, Idrus mengatakan bahwa hujan deras cukup lama mengguyur wilayah Pajampangan mengakibatkan meluapnya sungai Cikalong dan pendangkalan dengan ketinggian air mencapai 50 centi meter hingga 1 meter.

Baca juga:  Tunaikan Janji, Warga Sukabumi Pasang Ratusan Obor di Jalan Nasional Simbol Kepedulian
Banjir yang terjadi di Kecamatan Ciemas bak lautan.| ist

“Iya, karena dangkalanya sungai air pun meluap dan langsung bermuara ke laut saking tidak kuat menampung derasnya air,” tulis Idrus saat dihubungi Lingkarpena.id melalui sambungan telepon.

Sebagaimana diketahui lanjut dia, Cidahon merupakan jalur jalan Provinsi Jabar yang menghubungkan dua desa yakni desa Mekarsakti dan Desa Ciwaru. Yang terdiri dari dua aliran sungai Cikalong dan sungai Ciletuh Geopark.

Baca juga:  Pergerakan Tanah Sepanjang 70 Meter Ancam 7 Rumah di Warungkiara Sukabumi
Warga gunakan perahu karet untuk menembus arus banjir.| ist

“Sedangkan titik banjir berada di Kampung Ranca Salak atau jembatan Ko Sohir, sampai saat ini kendaraan roda dua maupun roda empat tidak dapat melintas jalan tersebut,” bebernya.

Sementara untuk warga yang akan melintas kejalan tersebut menggunakan perahu Faiber bantuan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi.

“Hingga saat ini kondisi situasi di wilayah Ciemas masih diguyur hujan deras, dan juga untuk warga agar selalu waspada di cuaca ekstrim sekarang ini,” pungkas Idrus.

Baca juga:  Taopik Guntur : Areal Pesawahan Ciletuh Perlukan Irigasi Teknis

Pos terkait