Pergerakan Tanah, Rumah Warga di Tegalbuleud Sukabumi Hancur

Kondisi rumah warga pasca terjadi pergerakan tanah di Kecamatan Tegalbuleud Sukabumi.| istimewa

LINGKARPENA.ID | Satu unit rumah permanen milik warga di Kampung Cibayawak, Desa Sumberjaya, Kecamatan Tegal Buleud, Kabupaten Sukabumi rusak parah, akibat pergerakan tanah.

Berdasarkan informasi didapat, peristiwa rusaknya rumah warga tersebut terjadi akibat pergerakan tanah yang labil setelah diguyur hujan deras yang terjadi sejak Senin, (10/7/23) lalu.

Manajer Pusat Pengendalian dan Operasi pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sukabumi Entis Daeng Sutisna mengatakan, hujan dengan intensitas sedang yang terjadi dalam beberapa hari dimulai sore hingga malam hari mengakibatkan tanah bergeser di kampung Cibayawak, Desa Sumberjaya,

Baca juga:  Anggota DPRD Jabar, Kabupaten Sukabumi Perlu Payung Hukum Terkait Jumlah Buruh

Sehingga, kata Entis Daeng Sutisna satu rumah permanen mengalami rusak parah, tidak hanya itu terdapat dua unit rumah warga lainya terancam rusak.

“Tidak ada korban jiwa maupun korban luka dalam kejadian itu, hanya satu rumah alami rusak berat,” ujar Entis Daeng Sutisna dalam keterangannya, Sabtu (15/7/2023).

Dijelaskan Entis, adanya peristiwa tersebut petugas penanggulangan kebencanaan kecamatan Tegal Buleud langsung melakukan kordinasi dengan unsur dari forum pimpinan kecamatan, pemdes setempat dan unsur terkait lainnya untuk melakukan upaya penanganan.

Baca juga:  Pergeseran Tanah di Curugkembar, 3 Rumah Rusak Berat 12 Terancam

“Jajaran dari forkompimcam dan pemdes serta unsur lainnya sudah meninjau melakukan penanganan sementara,” jelasnya.

“Juga para personel dilapangan memberikan himbauan untuk tetap waspada kepada masyarakat sekitar lokasi kejadian, material reruntuhan bangunan sudah dievakusi warga setempat,” ucapnya.

Pos terkait