Pondasi Rumah Ambruk di Cikembar, 3 KK Terancam

Petugas gabungan Muspika Cikembar saat melakukan evakuasi material longsoran yang menutupi jalan lingkungan di lokasi bencana | Istimewa

LINGKARPENA.ID | Hujan deras yang mengguyur wilayah Cikembar, Kabupaten Sukabumi menyebabkan pondasi rumah milik Usup di Kampung Sungapan RT 03/01 Desa Bojong ambruk.

Peristiwa longsor pada bagian pondasi tersebut terjadi pada Senin 26 Desember 2022 sekira pukul 09:00 waktu setempat.

Akibat longsornya pondasi rumah milik Usup menyebabkan tiga rumah lainnya menjadi terancam. Ketiga rumah yang terdampak merupakan milik Mulyana, Usup dan Asep.

Baca juga:  Anggota Polsek Simpenan Sigap Bantu Kebencanaan Longsor

“Pondasi yang terjadi longsor itu dengan panjang 10 meter, lebar 5 meter dan tinggi 5 meter,” ujar Daco Sudarmat, petugas penanggulangan bencana kecamatan Cikembar, seperi disampaikan Pusdalops -PB BPBD Kabupaten Sukabumi kepada wartawan.

Petugas gabungan dari unsur Muspika Kecamatan Cikembar, secara bersama-sama langsung terjun ke lokasi guna melakukan asessment dan evakuasi material longsoran tersebut.

Baca juga:  Rektor ISTA Jajaki Kerjasama dengan Pemkab Sukabumi

“Material longsoran itu menutupi jalan lingkungan. Kami bersama aparat langsung evakuasi material longsoran secara bergotong-royong,” tambah Sudarmat.

Lanjut Sudarmat, di lokasi bencana dibutuhkan yang bersifat segera seperti Bronjong, Karung dan material bangunan. Hal itu guna mengantisipasi adanya longsor susulan.

“Kerugian materi atas bencana longsor ini berdasarkan tafsiran petugas mencapai Rp15 juta (Lima belas juta rupiah),” sambungnya.

Baca juga:  Rumah Terancam Longsor di Parungkuda Sukabumi

Petugas usai melakukan peninjauan dan evakuasi material juga turut menghimbau warga sekitar agar selalu meningkatkan kewaspadaan mengingat cuara masih dalam kondisi ekstrem apalagi menjelang musim hujan.

Pos terkait