Kondisi rumah Hj. Uji pasca diterjang material longsoran tanah pada Rabu, (21/9/2021). [Foto: Ist]

Dinding Rumah Jebol Tertimpa Longsor di Sukaraja, Empat Jiwa Diungsikan

KABUPATEN SUKABUMI PERISTIWA
Spread the love

Lingkarpena.id, SUKABUMI – Intensitas curah hujan yang terjadi pada Rabu 21 September 2021 kemarin, menuai bencana bagi keluarga Hj Uji. Rumah tinggal miliknya yang terdapat pada bagian dinding jebol akibat timpaan material longsoran.

Lokasi bencana terjadi di Kampung Babakan Pari RT 35/17 Desa Sukamekar Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi. Peristiwa bencana longsor terjadi sekira pukul 02:30 WIB dini hari.

Baca juga:
Air Meluap Delapan Rumah Terendam Banjir di Sukaraja, Akibat Longsor Tutup Saluran Irigasi

Jebolnya dinding rumah Hj Uji disebabkan tebing yang berada disamping rumah milik Darman longsor karena tergerus air hujan. Selain itu, tanah yang labil membuat lokasi mudah terjadi erosi.

“Kerusakan rumah terdapat pada dinding samping pada bagian tembok Toilet rumah Hj Uji,” kata Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Sukaraja, Yuda Ahmad Fahrezza, dalam laporannya yang di sampaikan Pusdalops BPBD Kabupaten Sukabumi.

Baca juga:
Longsor di Bantaran Sungai Cicatih Cicurug, Dua Rumah Warga Terancam

Dikatakan Yuda, dari kejadian bencana tersebut rumah Hj Uji yang dihuni 4 jiwa harus dikosongkan sementara. Pemilik rumah terpaksa diungsikan ke rumah warga yang aman untuk sementara waktu.

“Pada rabu 21 September di Kecamatan Sukaraja terjadi dua titik bencana. Selain longsor di Babakan Pari, Banjir juga terjadi di Perumahan Panineungan akibat longsor yang menutup saluran irigasi. Tafsiran kerugian yang dialami dari kerusakan rumah Hj Uji prakiraan mencapai 50 jutaan,” jelas Yuda Ahmad.

 

 

Redaksi: lingkarpena.id
Sumber: bpbd

Tinggalkan Balasan