Destinasi Karanggantungan Tanah Lot nya Sukabumi

Keindahan destinasi Karanggantungan, salah satu objek wisata di Selatan Sukabumi.| Foto: Istimewa

LINGKARPENA.ID | Di Wilayah Selatan Sukabumi, tepatnya di Desa Pasiripis, Kecamatan Surade, ada objek wisata yang jarang disentuh pengunjung, namanya Pantai Karanggantungan.

Pantai Karanggantungan adalah surga tersembunyi di Kabupaten Sukabumi. Tempat ini banyak disebut orang sebagai Tanah Lotnya Sukabumi. Pantai ini memikat para pengunjung dengan pesona alamnya yang memukau.

Bagi anda yang mencari pengalaman liburan yang menyenangkan, menantang dan penuh dengan keindahan alam, Pantai Karanggantungan adalah pilihan yang sempurna. Suasana yang tenang dan pemandangan yang mempesona, tempat ini tidak hanya cocok untuk para pecinta Ngecam, tetapi juga menjadi tempat ideal untuk bersantai dan mengisi akhir pekan.

Baca juga:  Kadudampit Sukabumi Tawarkan Pesona Wisata Indah untuk Liburan

Ditempat ini pengunjung akan disuguhi pemandangan yang menakjubkan, yakni terdapat barisan tebing yang mengelilingi kawasan pantai. Deburan ombak yang saling berkejaran membuat pengunjung terhipnotis untuk berlama lama dipantau tersebut.

Selain itu, spot yang menjadi favorit pengunjung adalah undakan anak tangga terbuat dari bambu yang menuju ke pantai, posisinya ada dibawah.

Untuk bisa sampai ke objek wisata Karanggantungan bisa dengan mengunakan kendaraan roda dua atau empat. Namun, selama diperjalan harus ekstra hati hati karena kondisi jalan menuju ke tempat tersebut masih berlapiskan batu, belum beraspal.

Baca juga:  Inilah Duta Wisata Mojang dan Jejaka Kabupaten Sukabumi Tahun 2024

Objek wisata Karanggantungan jika dikelola secara profesional kedepannya mampu menyemai ketenaran pantai pantai lainnya yang namanya sudah moncer, semisal Pantai Ujunggenteng atau Pantai Minajaya.

Karanggantungan sendiri belum dikelola oleh pihak luar, melainkan dikelola oleh warga sekitar, sehingga memiliki lingkungan yang masih terjaga.

Letak Pantai Karanggantungan berada di jalan ruas Surade – Ujunggenteng, tepatnya di Kampung Cikarang, Desa Pasiripis, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabum.

Baca juga:  Event Offroad MAAV 2022, Ketua Jeppsi Sukabumi: Event Offroad Bisa Mengangkat Parawisata di Sukabumi

Keberadaan objek wisata Karanggantungan kini laksana bungan di dalam jambangan, hanya dipelihara untuk dilihat tanpa dirasakan manfaatnya. Padahal anugerah Tuhan yang begitu indah itu sangat Arif jika diberdayakan demi kepentingan semua.

Tersiar kabar tidak seriusnya untuk mengelola objek wisata Karanggantungan karena sebagian lahan dikawasan tersebut dimiliki oleh perusahan, bukan tanah negara.

Solusinya, duduk satu meja dan musyawarah antara Pemdes Pasiripis dengan pemilik lahan merupakan jalan baik untuk mengelola Objek wisata Karanggantungan.

Pos terkait