Diskominfosan Kabupaten Sukabumi jalin sinergitas dengan Diskominfo Jawa Barat. | Foto: Istimewa

Jalin Sinergitas, Diskominfosan Kabupaten Sukabumi Kunjungi Diskominfo Provinsi Jawa Barat

KABUPATEN SUKABUMI RUANG PUBLIK

LINGKARPENA.ID – Diskominfosan Kabupaten Sukabumi melakukan kunjungan ke Diskominfo Provinsi Jawa Barat pada Selasa (11/01/2022). Kunjungan tersebut guna membangun sinergitas, realitas program ke depan.

Sekretaris Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Sukabumi, Herdy Somantri menuturkan, dirinya beserta jajaran struktur organisasi tata kerja baru langsung lakukan terobosan. Hal itu guna membangun sinergitas dan kolaborasi yang relevan dengan mengunjungi kantor Dinas Komunikasi Informatika Provinsi Jawa Barat.

“Pengelolaan Statistik Kabupaten Sukabumi meningkat statusnya menjadi Bidang. Jadi ini membuat kewenangannya lebih besar dibanding sebelumnya,” jelas Herdy Somantri.

Diungkapkan Herdy, disampaikan ia itu mewakili harapan dan keluhan masyarakat terkait blank spot. Terkait data akan menjadi sumber rujukan Diskominfo dimana data dapat berfungsi sebagai acuan.

Baca juga:  Tambang Pasir di Bojong Nangka Jampangtengah Izin Usahanya Diragukan

“Alhamdulilah kita diberikan peluang untuk menyampaikan beberapa harapan terkait kebutuhan masyarakat tentang pelayanan publik digital. Strategi ini untuk mengatasi area blank spot termasuk pemenuhan data statistik,” tambahnya

Sementara itu dalam sambutannya Sekretaris Dinas Kominfo Provinsi Jawa Barat, Gilang Sailendra menjelaskan, data merupakan aset yang harus dikelola secara baik. Gubernur Jawa Barat selalu mendapatkan apresiasi saat menyampaikan atau expose dimana pun. Beliau selalu menyampaikan sesuai data dan bagi kami sampaikan apa saja kewajiban dan peran perangkat daerah dalam suplai data.

“Ya, sebagai contoh Gubernur Jawa Barat selalu mendapatkan apresiasi saat menyampaikan expose. Jika melakukan persentase selalu menyampaikan sesuai data,” papar Gilang Sailendra.

Baca juga:  Demi Cukupi Kebutuhan Keluarga, Seorang Ibu di Sukabumi Jadi Badut Keliling

Diperkuat Kepala Bidang Statistik Diskominfo Provinsi Jawa Barat Ida Ningrum, dalam melakukan expose terkait strategi kompilasi data, analisis dan pengolahan serta layanan data dimana intinya Diskominfo harus membuat komitmen bersama Perangkat Daerah. Tujuannya agar Kepala Daerah turut serta mendorong dan setiap Perangkat Daerah bisa menyampaikan data kepada Wali Data.

“Strategi kompilasi data, analisis dan pengolahan serta layanan data dimana Intinya Diskominfo harus membuat komitmen bersama Perangkat Daerah,” terangnya.

Di amini oleh Diskominfo Kabupaten Sukabumi, pihaknya segera menyiapkan dan mendorong terbitnya Surat Keputusan Kepala Daerah yang khusus merujuk terhadap pengelolaan data agar dapat merancang data statistik. Dalam hal ini tentunya melibatkan seluruh Perangkat dan BPS.

Baca juga:  Kisruh di Gunungguruh, Perusahaan Dituntut Warga Soal Izin dan CSR

“Diskominfo Kabupaten Sukabumi bisa mulai rancang data statistik ini. Nanti kami kumpulkan seluruh perangkat, mengundang BPS. Dan BPS wajib harmonis dengan Kominfo di daerah,” tandasnya.

Tata kelola data di beberapa daerah memang masih kurang, mudah mudahan kedepannya, Sukabumi bisa menghasilkan data yang luar bisa, hingga dapat mendukung satu data Jawa Barat dan satu data Indonesia.

 

 

 

 

 

Reporter: Aris Ram

Redaktur: Akoy Khoerudin

Tinggalkan Balasan