Kadispar Secara Resmi Buka Syukuran Hari Nelayan Ujunggenteng Ke 58 Tahun 2024

FOTO: Upacara Adat di puncak acara Hari Nelayan Ujunggenteng ke 58.| Dok. Jajang S

LINGKARPENA.ID | Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi Jujun Junaedi,S.Sos.M.Mewakil bupati Sukabumi, membuka secara resmi peringatan Hari Nelayan Ujung Genteng ke-58 tahun 2024.

Ditegaskan Jujun dalam sambutannya, Pantai Ujunggenteng itu ibarat gadis cantik. Gadis cantik, katanya, meskipun tidak berias tetap saja cantik. Akan tetapi jika gadis cantik itu berdandan berlebihan maka akan terlihat norak, begitu halnya dengan Ujunggenteng.

Pantai Ujunggenteng yang indah dan alami tersebut banyak dibangun sesuatu yang mengganggu spot spot wisata, maka nilai keindahan itu akan hilang. Untuk mengubah itu jelas bukan hal mudah, tetapi semoga kedepannya Ujunggenteng jauh lebih baik lagi.

Baca juga:  Dakwah Melalui Pagelaran Wayang Golek di Haul Abah Didi Rindu Alam Nyalindung

“Semua rangkaian kegiatan ini harus tetap lestari sebagai tradisi yang telah menyatu dengan warga nelayan Ujunggenteng,” terang Jujun saat menghadiri puncak acara Hari Nelayan Ujung Genteng ke-58 di panggung utama Pantai Ujung Genteng, Kecamatan Ciracap, Kab. Sukabumi, pada Rabu, 5 Juni 2024.

Sementara itu, Ketua Rukun Nelayan Asep Jeka menambahkan, syukuran Hari Nelayan tersebut merupakan warisan dari para leluhur. Maka dari itu, melalui ungkapan rasa syukur terhadap Sang Pencipta, tradisi ini bisa dipertahankan sampai dengan anak cucu di masa depan.

Baca juga:  Hadiri Tradisi Panjang Jimat, LaNyalla: Disematkan Pin Kasultanan Kanoman Cirebon

Sambung Asep, acara Hari Nelayan dilaksanakan selama sepuluh hari dan dirangkaikan dengan berbagai kegiatan. Di antaranya, bersih-bersih pantai, bakti sosial, santunan jompo dan anak yatim, track pantai, sunatan massal, tabligh akbar, turnamen olahraga dan karnaval serta puncak acara diisi dengan pagelaran wayang golek.

“Semoga dengan ungkapan syukur kita ini, para nelayan diberikan kesehatan dan keberkahan dalam mencari rezeki,” tandasnya.

Baca juga:  Puncak Acara Adat Seren taun Kasepuhan Cipta Mulya, Kapolsek Cisolok Lakukan Ini
Sejumlah tamu undangan saat menghadiri syukuran Hari Nelayan Ujunggenteng ke 58.| ist

Turut hadir diacara helat Akbar syukuran hari nelayan Ujunggenteng 2024 yang dibuka secara resmi oleh Plt. Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi, antara lain Kepala Bidang Destinasi Provinsi Jabar, Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi, KA.Pos. Airud, Camat Ciracap, Kepala Desa Ujunggenteng, para ketua OKP, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan undangan lainnya.

Pos terkait