Bupati Sukabumi dan Gubernur Jawa Barat saat menyaksikan peresmian PLTS atap PT Danone Aqua secara Virtual, Selasa (21/9/2021. [Foto: Ist]

Kang Emil: Apresiasi Terobosan PT Danone Aqua Soal Inisiatif PLTS Atap, Ini Kata Bupati Sukabumi

KABUPATEN SUKABUMI

Lingkarpena.id, SUKABUMI – Bupati Sukabumi Marwan Hamami menyaksikan peresmian Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang terdapat pada atap Pabrik Aqua, bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil secara Virtual, Selasa (21/9/2021).

Marwan mengatakan, Pemerintah Kabupaten Sukabumi menyambut baik inovasi ini. Menurutnya terobosan yang dilakukan PT Aqua Golden Mississippi sebagai bentuk bukti nyata kontribusi perusahaan terhadap lingkungan.

“Inovasi yang dibuat ini, kami yakin mampu dapat mengurangi jejak karbon demi upaya mencegah dampak perubahan iklim,” ujar Marwan.

Realisasi PLTS atap ini lanjut Marwan, sebagai bukti keseriusan Danone Aqua dalam mendukung target Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Terutama dalam meningkatkan bauran energi baru terbarukan (EBT).

“Rencana umum energi daerah Provinsi Jawa Barat tahun 2018-2050 menargetkan pencapaian bauran energi primer EBT paling sedikit 17 persen di 2025 dan 20 persen di 2050,” terangnya.

Baca juga:  Aliran Sungai Meluap, Pondasi Jembatan Cicuwol Rusak

Selain itu, Marwan meminta kerjasama seluruh stakeholder bisa semakin solid. Hal itu untuk mengoptimalkan ikhtiar dalam upaya meningkatkan bauran EBT yang berkontribusi terhadap pembangunan daerah.

Baca juga:
Penilaian STBM Award, Iyos: Presentasikan 23.485 Unit Jamban di Sukabumi Sudah Dibuat

“Termasuk penyampaian informasi secara periodik terkait perkembangan terbaru atas inisiatif Danone-Aqua dalam penggunaan PLTS atap di Pabrik Aqua-Mekarsari kepada Pemerintah Kabupaten Sukabumi,” ungkapnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, inisiatif konkrit ini patut diapresiasi. Semangat Danone Aqua seperti visi Jawa Barat yang terdepan dalam renewable energy.

“Bangga atas inisiatif PLTS atap Aqua Mekarsari. Ini menjadi percontohan yang masif di Jawa Barat. Bahkan, seluruh pabrik di Jawa Barat wajib mencopy paste PLTS atap ini,” bebernya.

Baca juga:  2 SMK Tawuran Akibat Saling Ejek di Medsos, 1 Siswa Meninggal Dunia

Gubernur yang akrab disapa Kang Emil ini mengucapkan selamat kepada Kabupaten Sukabumi yang daerahnya mencatat sejarah sebagai inisiator PLTS di atas pabrik.

“Negara pun sudah saatnya memperlihatkan komitmen energi terbarukan. 2050 energi Indonesia dari energi terbarukan. Konsep energi ini harus murah, bersih, dan berkelanjutan,” terangnya.

Dirinya berharap, inisiatif ini bisa menginspirasi daerah lain. Sehingga tahun 2050 Indonesia bisa 100 persen menggunakan energi terbarukan.

Terpisah, Vice President General Secretary Danone Indonesia Vera Galuh Sugijanto mengatakan, Pabrik Aqua-Mekarsari merupakan salah satu yang terbesar di Indonesia. Bahkan kapasitasnya 13 persen dari seluruh Danone Aqua di Indonesia.

Baca juga:
Pemerintah Resmi Melarang Mudik 2021, Kang Emil Ingatkan Masyarakat Jangan Paksakan Diri Bersembunyi di Truk

“Maka dari itu, sistem PLTS atap di (Aqua-Mekarsari) kapasitasnya sebesar 2.112 KWP. Bahkan mampu menghasilkan listrik sebesar 2,3 GWP pertahun. Termasuk mampu mengurangi 1.916 ton karbon dioksida per tahun,” terangnya.

Baca juga:  Kades Didin dan Guru Eko Sepakat Islah yang Kedua

Pemasangan PLTS atap ini, sebagai wujud visi jangka panjang Danone Indonesia. Hal ini pun sebagai inisiatif keberlanjutan pro aktif dalam berkontribusi ke lingkungan.

“Ancaman kita semua adalah perubahan iklim. Sehingga, menjadi kewajiban bersama untuk mengambil peran aktif menangani perubahan iklim,” jelasnya.

Menurutnya, telah ada empat pabrik yang dipasang PLTS atap. Pabrik tersebut tersebar di Cikarang, Banyuwangi, Klaten, dan Kabupaten Sukabumi.

“Dari 21 pabrik, baru empat yang sudah dipasang PLTS atap. Semoga 17 pabrik lainnya bisa menyusul,” pungkasnnya.

 

 

Reporter: Ram
Redaktur: Akoy Khoerudin

Tinggalkan Balasan