Pemeliharaan Jaringan Irigasi Pertanian, UPTD DPU Jampangkulon: Ajak Kolaborasi Penerima Manfaat

Pemeliharaan jaringan irigasi yang dilakukan UPTD DPU Jampangkulon bersama warga penerima manfaat di wilayah irigasi Cikamunding II, Desa Kadaleman, Surade.| istimewa

LINGKARPENA.ID | Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Jampangkulon lakukan pemeliharaan jaringan irigasi Cikamunding II yang terletak di Desa Kadaleman, Kecamatan Surade Kabupaten Sukabumi, Ahad (02/07/2023) kemarin.

Panjang saluran irigasi tersebut mencapai 3.318 meter, itu semuah menjadi tanggung jawab Pemerintah Daerah khusus nya Dinas PU Bidang Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (PSDA).

Sistem dan fungsi irigasi sendiri merupakan sangat penting untuk pasokan air bagi para petani. Keberadaannya guna meningkatkan produktivitas tanaman padi dan tanaman lainnya. Aliran air juga dapat memenuhi luas lahan pertanian sawah seluas 80 hektar diwilayah tersebut.

Baca juga:  Kadis PU Baru Beberkan Program Dinas dalam Rakor dan Silaturahmi

“Pemeliharaan rutin tujuannya untuk memastikan kelancaran saluran dan selua area bersih dari sampah dan ruput ditepi jaringan irigasi supaya tidak ada penyumbatan dan kendala lainnya menjadi normal dan efisien,” ucap Adi Setiadi Kepala Bidang ( PSDA) Dinas PU Kabupaten Sukabumi, kepada wartawan, Senin (3/7/2023).

Menurutnya, pemeliharaan tersebut itu sudah menjadi agenda rutinan yang dilakukan UPTD Jampang Kulon. Sejatinya itu menjadi tangungjawab bersama baik pihak Dinas maupun masyarakat sebagai penerima manfaat.

Baca juga:  Kapolsek Surade Jenguk Iksan Anak Cacat Sejak Lahir di Cibitung

” Ya sangat penting menjaga infrastruktur jaringa irigasi manfaat untuk pertanian sangat lah besar. Upaya mendukung pasokan air supaya hasil pertanian melimpah dan dirasakan hasilnya oleh warga masyarakat,” ucapnya.

“Saya berharap warga masyarakat jika ada jaringan atau saluran misalnya longsor, tersumbat dan yang lainya agar segera memberika informasi pada mitra Cai (Air) supaya cepat ditindaklanjuti oleh kepihak UPTD. Ya nantinya kami menyesuaikan dengan bantuan setimulan yang sudah disediakan disetiap UPTD,” pungkasnya.

Baca juga:  Polisi Pasang Garis Police Line pada Lokasi Ledakan di Kebonpedes Sukabumi

Pos terkait