Sejumlah Ruko di Bunderan Sukaraja Sukabumi Terancam Longsor

Kondisi bangunan belakang rumah toko di pasar bunderan sukaraja sukabumi pasca diguyur hujan.| Foto: Istimewa

LINGKARPENA.ID | Intensitas hujan tinggi diberbagai wilayah di Kabupaten Sukabumi pada dua pekan ini mengakibatkan longsor terjadi disejumlah tempat di Kabupaten Sukabumi.

Seperti yang terjadi di Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi. Beberapa Rumah Toko (Ruko) yang berada di pasar bundaran Sukaraja, Desa Pasirhalang, terancam longsor.

Warga setempat saat menyampaikan kepada Lingkarpena.id Jumat, 12 Januari 2024 pagi, Billy mengatakan, terdapat longsor Tembok Penahan Tanah (TPT) dan mengancam keberadaan beberapa ruko tersebut.

Baca juga:  TPT Ambruk Timpa Rumah Warga Cisolok Sukabumi, Pemilik Rumah?

“Kejadiannya malam tadi sekira pukul 19:00 wib. Longsor itu dipicu akibat hujan deras mulai dari pagi pada Kamis kemarin,” ujar Billy dalam keterangannya.

Dia juga menyebutkan, akibat guyuran hujan kemarin malam, longsor mengancam beberapa rumah toko yang ada di bunderan pasar Sukaraja tersebut.

Warga masyarakat sudah melakukan koordinasi dengan petugas penanggulangan bencana kecamatan (P2BK) serta unsur Muspika dan pemerintah desa setempat atas adanya peristiwa itu.

Baca juga:  Diguyur Hujan Deras TPT Jembatan Cicatih Longsor

“Sudah kami laporkan kepada pemerintah setempat. Ini butuh penanganan yang bersifat segera agar longsor tidak meluas,” terangnya.

Billy berharap, pihak pemerintah atau dinas terkait segera melakukan asessment terkait adanya bencana alam longsor yang mengancam beberapa ruko di pasar bunderan sukaraja ini.**

Pos terkait