Sekda Tinjau Lokasi Pantai Cibutun, Begini Responnya

Sekda Ade Suryaman bersama Dandim 0622 dan sejumlah Forkopimda saat berada di lokasi Pantai Cibutun Simpenan Sukabumi.| Foto: Istimewa

LINGKARPENA.ID | Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman meninjau langsung kawasan Pantai Cibutun, pesisir Loji, Desa Sangrawayang, Kecamatan Simpenan, Sabtu kemarin, 14 Oktober 2023.

Peninjauan tersebut adalah suatu bentuk keseriusan Pemkab Sukabumi dalam mengevaluasi kondisi tumpukan sampah yang didominasi limbah tekstil dan garmen pada pekan lalu yang sempat viral tersebut.

Menurut Sekda, kini kawasan pesisir pantai loji sudah tampak bersih dan asri. Bahkan sejumlah alat berat seperti loader, beko dan dumptruck disekitar lokasi masih beraktivitas sampai hari ini.

Baca juga:  Sekda Buka Rakor Verifikasi Kota Layak Anak Sukabumi

Sekda Ade Suryaman menyebutkan, aksi bersih sampah yang dilakukan sejak tanggal 4 hingga 14 Oktober hari ini masih berlangsung dilakukan oleh pemerintah daerah dan TNI.

“Alhamdulillah setelah dilakukan aksi bersih-bersih di kawasan pantai Cibutun sudah terlihat asri di hari ke 11 ini, hanya terdapat beberapa tumpukan sampah untuk dilakukan pengangkutan ke TPA. Dan kini masih beroperasi,” terangnya.

Sekda menegaskan, kedepan pihaknya akan terus berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk melakukan langkah-langkah konkret dalam penanggulangan sampah di kawasan tersebut.

Baca juga:  Permudah Pelayanan Kesehatan Masyarakat, Sekda Ade: Kabupaten Sukabumi Masuk Ranking 8 Jabar

“Kita tekankan kepada Kecamatan dan Desa, untuk menurunkan alat berat setiap minggunya disini, supaya kawasan pesisir Loji bisa terus terjaga,” ucapnya.

Dirinya berpesan, masyarakat bisa membiasakan perilaku hidup bersih dan sehat untuk tidak membuang sampah ke sungai ataupun ke laut.

“Kedepan Pemkab akan menginisiasi aksi bersih-bersih pantai setiap hari Jumat di berbagai kawasan pantai sepanjang 117 KM di Kabupaten Sukabumi,” pungkasnya.

Sementara itu Dandim 0622 Kabupaten Sukabumi, Letkol Inf. Anjar Ari Wibowo menjelaskan, terdapat sekitar 250 ton limbah garment yang berhasil diangkut. Kini masih tersisa sampah sekir 50 tonan.

Baca juga:  Tanah Anjlok di Sukabumi Pemukiman Terancam

“Sisa tumpukan sampah ada sekitar 50 ton. Ini akan dilanjutkan pengangkutan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sukabumi akan dibuang ke TPA,” ujarnya.

Dandim mengungkapkan, pihaknya akan terus berkolaborasi dengan pemerintah daerah untuk melakukan pembersihan di kawasan tersebut secara berkala.

“Pembersihan ini tidak hanya berhenti sampai disini, perlu adanya kesinambungan antar sesama. Kami mendukung inisiatif Pemkab untuk melakukan pembersihan kawasan pantai setiap minggu,” pungkasnya.**

Pos terkait