Kodim 0607 tempat diselenggarakan Musda KNPI XV Kota Sukabumi, dijaga ketat aparat.

Musda XV KNPI Kota Sukabumi Kembali Ditunda, Massa Kedua Pendukung Chaos

KOTA SUKABUMI
Spread the love

Lingkarpena.id, Sukabumi – Musyawarah Daerah (Musda) XV Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Sukabumi yang sempat tertunda beberapa waktu lalu, lanjutannya digelar hari ini Selasa (01/06/2021) di Markas Komando Distrik Meliter (Kodim) 0607 Kota Sukabumi dengan mendapat pengawalan super ketat dari pihak keamanan.

Peserta Musda yang berjumlah 106 dari Organisasi Kepemudaan (OKP) dan Pimpinan Kecamatan (PK) terlihat dari pagi mengantri melaksanakan registrasi di halaman Makodim 0607, sedangkan para awak media yang akan meliput kegiatan tersebut mengalami kendala tidak bisa masuk ke dalam area sidang.

Baca juga:   Incumbent Kembali Duduki Jabatan Ketua KNPI di Putaran Kedua

Pengetatan sidang Musda kali ini bukan hanya peserta yang dibatasi tetapi juga panitia dan pihak keamanan memberikan aturan untuk peserta Musda tidak diperkenankan membawa alat komunikasi telepon seluler/hand phone (HP) ke area sidang dengan alasan untuk menjaga kondusifitas, selanjutnya para Ketua PK KNPI sebelum memasuki area sidang Musda dilakukan test urine oleh Satuan Narkoba Polres Sukabumi Kota.

Sidang yang dijadwalkan pukul 09.30 WIB sempat tertunda akibat pertemuan kedua bakal calon ketua KNPI antara Gilang Gusmana dan Nurul Jaman Hadi atau yang dikenal dengan Haji Aun. Dalam pertemuan tersebut kedua sepakat untuk menerima keputusan apapun yang terjadi nanti. Lalu dilanjutkan dengan ngobrol dan lobi-lobi kedua tersebut hingga menjelang adzan Dzuhur.

Setelah melaksanakan shalat Dzuhur, sekitar pukul 13.30 WIB akhirnya kedua kubu memasuki area sidang Musda, semua berjalan dengan tertib dan tidak ada kejadian apapun. Akan tetapi semua keadaan berubah setelah Steering Committee (SC) dan Organizing Committee memutuskan bahwa Gilang Gusmana sebagai calon tunggal yang memenuhi semua persyaratan untuk maju menjadi calon ketua.

Sebelum pimpinan sidang mengetuk palunya, massa yang berasal dari kubu Haji Aun yang merasa tidak puas melakukan protes dengan mendatangi meja pimpinan sidang, melihat kubu Haji Aun merangsek ke depan, massa dari Gilang Gusmana juga akhirnya ikut ke depan dan terjadi chaos yang menyebabkan sidang Musda KNPI XV Kota Sukabumi ini kembali ditunda.

Baca juga:   Musda KNPI Kota Sukabumi Dilanjut 1 Juni, Himasi: Kenapa Pelaksanaannya Harus di Markas Militer? 

Sementara itu Ruslan Ketua SC Musda KNPI XV Kota Sukabumi menyatakan bahwa panitia sudah menetapkan 1 orang yang lolos dari bakal calon ketua menjadi calon ketua yaitu Gilang Gusmana.

“Cuma karena ada beberapa peserta yang tidak menerima keputusan dan chaos akhirnya menurut kabar yang berkembang ditunda,” ujarnya yang tidak bisa mengikuti perkembangan Musda akibat diamankan petugas.

 

 

Reporter: Eka Lesmana

Redaktur: Dharmawan Hadi

Tinggalkan Balasan