Kondisi sungai Cimandiri terdapat limbah partikel mikroplastik. [Foto: Ist]

Pengolahan Limbah Plastik Diduga Cemari Sungai Cimandiri, Warga Minta Dinas Terkait Bertindak

KOTA SUKABUMI
Spread the love

Lingkarpena.id, Kota Sukabumi – Pengolahan limbah plastik diduga mencemari aliran Sungai Cimandiri yang ditimbulkan dari sebuah perusahaan yang berdomisili di Jalan Proklamasi, Kelurahan Jayamekar, Kecamatan Baros, Kota Sukabumi.

Belakangan ini, beredar isu mengenai pencemaran air Sungai Cimandiri yang disebabkan oleh partikel mikroplastik dari aktivitas sebuah perusahaan. Potensi itu dapat menimbulkan bahaya biota sungai dan manusia jika benar terjadi serta mengandung zat berbahaya. Dimungkinkan ada kebocoran penyaringan yang terdapat pada pengolahan sampah plastik sehingga sebagian kepingan limbah ikut terbuang ke aliran Sungai Cimandiri. Dikhawatirkan dari sebagian limbah plastik yang terbuang dapat mencemari lingkungan sungai serta menjadi sumber polusi.

Baca juga:
Limbah Kimia Diduga Cemari Sungai Cikaso, Warga Demo Perusahaan

Informasi didapat, dari salah satu warga yang tinggal diwilayah Cicadas Hilir, Kalurahan Cikundul, Kecamatan Lembursitu Kota Sukabumi. Dia mengeluhkan atas kecerobohan pihak perusahaan tersebut. Pasalnya, sebagian limbah dari pabrik pengolahan plastik disayangkan jika harus mencemari sungai Cimandiri tersebut.

“Yaa ini tidak bisa dibiarkan. Jika ada salah satu penyaringan limbah perusahaan yang bocor meski harus segera diperbaiki. Jangan sampai nanti ada kesan bahwa perusahaan membuang limbah ke Sungai Cimandiri. Potensi itu akan mencemari lingkungan sungai jika dibiarkan,” ujar NS warga sekitar yang tidak ingin disebutkan namanya, kepada lingkarpena.id menuturkan, Kamis, (19/08/2021).

Dikatakannya, limbah pengolahan mikroplastik yang ikut terbawa ke aliran sungai dapat memicu kelestarian dan kejernihan air sungai Cimandiri. Sementara, Sungai Cimandiri sendiri saat pada musim kemarau sering digunakan oleh sebagian warga masyarakat untuk mandi dan mencuci pakaian, jadi kondisinya tidak bagus jika tercemari.

Baca juga:
PSDA Provinsi Sidak Kawasan Sungai Cimandiri di Cikundul Kota Sukabumi

“Kami minta pihak dinas terkait untuk turun dan meninjau langsung ke lokasi perusahaan. Yaa kami warga masyarakat pengguna air sungai Cimandiri mengeluhkan dan merasa sungai tercemari akibat adanya limbah itu. Takutnya itu sengaja dibuang ke sungai,” tandasnya.

Sementara itu, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Sukabumi Adil Budiman, merespon baik atas keluhan warga Kota Sukabumi. Bahwasanya, esok hari pihaknya akan turun langsung meninjau lokasi dimana terdapat adanya perilaku pihak perusahaan dalam pengelolaan limbah tidak secara baik.

“Ya kita pastikan besok meninjau langsung ke lokasi perusahaan. Kami segera merespon keluhan warga masyarakat Kota Sukabumi,” singkatnya.

 

 

 

Reporter: Herdi
Redaktur: Akoy Khoerudin

Tinggalkan Balasan