Alami Peningkatan, Ini Swadaya Masyarakat Kelurahan Sukakarya di P2RW Tahun 2023

Salah satu realisasi pembangunan P2RW di Kelurahan Sukakarya dengan nilai swadaya tinggi masyarakat.| istimewa

LINGKARPENA.ID | Tiga RW di Kelurahan Sukakarya memanfaatkan Program Pemberdayaan Rukun Warga (P2RW) dari Pemerintah Kota Sukabumi untuk meningkatkan kualitas jalan lingkungan.

Ketua RW 4 Kelurahan Sukakarya, Beni, yang ditemui ketika pihak kelurahan melakukan peninjauan hasil pembangunan pada 27 Juli 2023, mengatakan saat ini jalan sepanjang 200 meter telah berlapis aspal berkat adanya P2RW.

“Untuk proses pengerjaannya melibatkan swadaya masyarakat yang ditunjukkan diantaranya melalui pemberian makanan bagi pekerja, termasuk dana,” ujar Beni.

Sementara di RW 13 selain peningkatan kualitas jalan dengan pembuatan rabat beton, P2RW juga dimanfaatkan untuk memperbaiki jembatan dengan. Dua jenis pembangunan tersebut didukung pula swadaya masyarakat yang diperkirakan berada pada kisaran Rp28 juta.

Baca juga:  Operasi Patuh Lodaya Polres Sukabumi Kota Digelar

Peningkatan kualitas jalan dilakukan pula di RW 1 Kelurahan Sukakarya. Ketua RW, Nandi, yang ditemui saat peninjauan saat ini pengerjaan telah memasuki tahap finishing dan ditargetkan pada pertengahan bulan Agustus mendatang, seluruh pekerjaan bisa dituntaskan. Ia pun mengatakan bahwa P2RW didukung swadaya masyarakat diantaranya melalui wakaf tanah untuk jalan.

“Alhamdulillah P2RW kami telah realisasikan sampai dengan saat ini progress 90 persen, mudah – mudahan dipertengahan Agustus bisa 100 persen. Alhamdulillah kami bersama masyarakat bisa mencapai target yang begitu besar hingga bisa lebih dari yang diusulkan. Itu tidak terlepas dari partisipasi masyarakat,” terangnya.

Baca juga:  Kejaksaan Negeri Kota Sukabumi Kenalkan Program Inovasi "Delivery Tilang"

Sementara itu Lurah Sukakarya, Lina Yuliana Supriatin menbahkan, secara umum seluruh pembangunan melalui P2RW di 13 wilayah RW, telah selesai dilaksanakan.

Adapun selain peningkatan kualitas jalan, jenis pembangunan lainnya seperti dijelaskannya adalah pembangunan jembatan di RW 11 yang menghubungkan wilayah RT I dan 2. Ia berharap program ini dapat terus digulirkan oleh Pemerintah Kota Sukabumi dengan besaran anggaran yang dinaikkan.

Baca juga:  Fahmi Beberkan Faktor KBM di Kota Sukabumi Belum Dibuka

“Alhamdulillah pelaksanaanya sudah 100 persen di 13 RW. Anggaran swadaya masyarakat insyaallah diatas swadaya ditahun kemarin, karena kami belum merekap semua. Kami sangat berharap sekali P2RW tetap dilanjutkan, mudah – mudahan ditambah lagi (anggarannya),” pungkasnya.**

Pos terkait