Bimtek Perangkat Desa, BKAD: Desa Harus Terintergrasi dan Memiliki Kompetensi

Kepala Bidang Pemdes pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Hodan Firmansyah saat memberikan sambutan | Foto: Aris Wanto

LINGKARPENA.ID | Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) menggelar bimbingan teknis (bimtek) bagi perangkat desa yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Sukabumi.

Bimtek tersebut berlangsung di Hotel Sukabumi Indah Selabintana, Kecamatan Sukabumi pada Selasa, 12 Desember 2023.

Menurut Kepala Bidang Pemdes pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Hodan Firmansyah kepada Lingkarpena.id mengatakan, peningkatan kompetensi Perangkat Desa sebagai upaya mengenal sekaligus mengimplementasikan pengetahuan terkait tatakelola pemerintahan desa serta undang-udang desa juga peratururan pemerintah daerah supaya terintegrasi.

Baca juga:  Wabup Iyos Berikan Penghargaan dalam Bimtek Penyaluran Dana Hibah Keagamaan

“Kegiatan bimtek ini tentunya sangat penting sekali, dimana perangkat desa harus benar-benar mengetahui tugas dan fungsinya. Dan saya hadir disini mewakili pimpinan, sangat mengapresiasi,” ucap Firmansyah, kepada Lingkarpena.id disela-sela acara bimtek.

Selain itu, Hodan menekankan setelah Bimtek ini ia mengharapkan semua perangkat desa bisa menerapkan dan mengimplementasikan hasil dari pada bimtek ini dalam roda pemerintahanya masing-masing.

“Tentunya para perangkat desa ini sudah memahami penjabaran regulasi dari semua peraturan baik itu Permedes, Perbub, Permendagri, Perda sekaligus Permen Keu. Ya, jadi pastinya semua sudah terintegrasi,” tuturnya.

Baca juga:  Buka Bimtek P4GN, Sekda Kabupaten Sukabumi Siap Perangi Narkoba

Sejatinya dalam melaksanakan pekerjaan dan regulasi akan sesuai rel, sehingga akan balance dengan visi misi Pemerintah Kabupaten Kabupaten.

Lanjut Hodan, mengapa demikian, mengingat beberapa waktu lalu ada pilkades. Sehingga dengan adanya acara ini diharapkan semua bisa menuai hasil musremdes untuk dituangkan pada RPJMD tiga bulan kedepan agar menjadi tepat sasaran.

Baca juga:  Muhibah Ramadhan, Wabup: Program Strategis Pemkab Sukabumi yang Religius

“Ya sesuai perencanaan tentunya estafet kepemimpinan yang baru dan lama ada keselarasan untuk program pembagunan desanya itu yang kita tekankan,” katanya.

“Ya harapan saya kedepan semua tatakelola desa dengan adanya peningkatan kompetensi perangkat desa ini bisa mengerti dan mengetahui tata kelola keuangan, pengadaan barang dan jasa sehingga menjadi propesional dalam bekerja tentunya untuk warga dan masyarakat itu sendiri,” pungkasnya.

Pos terkait