Bupati Marwan Terima Tim Recheking Pemprov Jabar di Desa Gede Pangrango

LINGKARPENA.ID|Bupati Sukabumi, Marwan Hamami menerima Tim Rechecking Lomba Pemanfaatan Pekarangan sebagai Sumber Gizi Keluarga Jawa Barat, acara tersebut bertempat di Desa Gede Pangrango, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Selasa (0606/2023).

Doketahuj Lomba Pemanfaatan Pekarangan sebagai Sumber Gizi Keluarga ini diselenggarakan oleh Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Jawa Barat. Tujuan lomba ini adalah meningkatkan kemandirian pangan dengan memanfaatkan lahan pekarangan rumah sebagai sumber gizi keluarga.

Bupati mengaku bangga dengan kesiapan seluruh pihak dalam mengikuti lomba kali ini. Dirinya juga mengapresiasi langkah pemerintah Desa Gede Pangrango yang telah bergerak dalam program pemanfaatan lahan pekarangan warganya.

Baca juga:  BP CPUGG Gelar Rapat Jelang Revalidasi Ulang UNESCO Tahun 2025

“Kecamatan Kadudampit ini memang cukup banyak potensi yang bisa dimanfaatkan. Termasuk juga lahan pekarangan, yang saya harap, semua bisa ikut serta dalam budidaya tanaman pangan. Ini sangat baik agar ketahanan pangan masyarakat kedepannya dapat lebih terjaga,” kata Bupati Marwan kepada wartawan.

Menurut Bupati Pekarangan yang ditanami dengan sayuran dan juga budidaya ikan dalam ember dapat memberikan kontribusi yang cukup besar dalam usaha mencukupi kebutuhan gizi keluarga.

Baca juga:  Jurnalis Republika Kena Tendang Pengamanan VVIP Jokowi Saat Kunjungan di Sukabumi

“Bahkan pemanfaatan lahan pekarangan ini diharapkan dapat menjadi salah satu upaya penanganan masalah stunting di Kabupaten Sukabumi,” tandasnya.

Sementara itu Ketua Tim Recheking Lomba Pemanfaatan Pekarangan Sri Sunarti Yosi Irianto membacakan sambutan ketua TP PKK Jawa Barat Hj. Atalia Praratya Kamil menyebutkan, harapan masyarakat bisa terus melanjutkan budidaya berbagai tanaman pangan dengan memanfaatkan lahan pekarangan.

Pemanfaatan pekarangan sebagai sumber karbohidrat sangat bermanfaat, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Oleh karena itu, dirinya berharap masyarakat bisa terus melanjutkannya meskipun sudah tidak dalam nuansa lomba.

Baca juga:  Pemdes Girijaya Sempat Perbaiki Lubang di Ruas Jalan Cirendeu- Karangtengah

“Oleh karena itu, kita berharap momentum ini dapat dimanfaatkan dengan baik untuk kesejahteraan masyarakat dalam bidang kemandirian pangan. Pemilihan tanaman jagung juga selain karena memiliki kandungan karbohidrat tinggi, proses pembudidayaannya juga mudah,” pungkasnya.

Selanjutnya tim penilai mengunjungi Lokus di Kampung Sawo RW 04 Desa Gede Pangrango Kec Kadudampit Kab Sukabumi.

Hadir pada acara tersebut Kadis Pertanian, Kepala DKP, Kadis Peternakan, Kadis Perikanan, Camat Kadudampit dan tamu undangan lainnya.

Pos terkait