Dandim 0622: Ini Progres dan Jumlah Alat Berat yang Terlibat di Lokasi Pantai Cibutun

Dandim 0622 Kabupaten Sukabumi Letkol Inf. Anjar Ari Wibowo, saat memasukkan sampah ke dalam karung di lokasi Pantai Cibutun.| Ndie

LINGKARPENA.ID | Dandim 0622 Kabupaten Sukabumi Letkol Inf. Anjar Ari Wibowo menyebut progres dalam tiga hari pelaksanaan bersih besih sampah di pantai Cibutun, Pesisir Loji, Desa Sangrawayang, Kecamatan Simpenan mencapai 30 sampai 40 persen.

“Kita dari awal sudah 3 hari bekerja, kita melihat hari ini Alhamdulillah 30 sampai 40 persen sudah bisa teratasi, membutuhkan sekitar satu atau dua minggu, itu pun belum tentu 100 persen mungkin masih ada sampah-sampah kecil,” ungkap Letkol Inf. Anjar Ari Wibowo, Jumat, (6/10/23).

Adapun dalam progres pembersihan, Letkol Inf. Anjar Ari Wibowo menegaskan hari pertama sebanyak sekitar 45 ton sampah berbagai berhasil jenis berhasil dikumpulkan dan dibuang ke TPA, hari kedua sebanyak 15 ton pasalnya terkendala armada angkut sampah, dan hari ke tiga ini diperkirakan 45 ton sampah terkumpul.

Baca juga:  Dua Korban Hanyut di Ciracap, Satu Ditemukan Meninggal Dunia dan 1 Korban dalam Pencarian

“Sampah yang berhasil kita bersihkan, itu kita buang ke TPA Cimenteng, kemudian sisanya beberapa khususnya yang organik berupa kayu-kayu yang masih bisa dimanfaatkan masyarakar setempat dikumpulkan,” jelasnya.

“Kemudian di hari kedua kita ada kendala masalah truk sampah hanya 2 unit yang dikerahkan, itu kan memerlukan waktu, jarak ke TPA Cimenteng jauh memakan waktu 2 jam, jadi kalau pulang pergi 4 jam, sehingga satu hari itu hanya efektif dua rit, 4 kendaraan hitungnya, sehingga kemarin hanya bisa terangkut 15 ton,” imbuhnya.

Sejauh ini, kata Letkol Inf. Anjar Ari Wibowo total sampah yang berhasil terkumpul dari kegiatan bersih bersih tersebut selama tiga hari di lokasi pantai Cibutun Pesisir Loji, Desa Sangrawayang mencapai 100 ton, dengan sebagian sudah diangkut ke TPA sementara sisanya masih dikumpulkan menggunakan karung.

Baca juga:  Viral, Pantai Cibutun Dicap Pantai Terkotor ke 4 di Indonesia, Ini Kata Sekda Kab Sukabumi

“Sebagian kita kumpulkan dulu ke pinggir, sehingga nanti memudahkan untuk proses pengangkutan ke armada kita. Alhamdulillah tadi kita terdukung 5 truk dari DLH, dengan harapan hari tadi sekitar 45 ton itu bisa terbuang ke TPA dan sisanya tetap kita kumpulkan,” terangnya.

“Alat berat juga kita Alhamdulillah didukung bertambah lagi 1 beko, jadi sekarang ada 6 alat berat, ditambah satu traktor, jadi ada 7, itu sangat efektif sekali. Jadi kalau ada masyarakat yang¬† mau membantukan alat berat ya kita sangat menerima sekali,” sambungnya.

Ditegaskan Dandim, sejak awal memang sudah memprediksikam bahwa pembersihan sampah di pantai Cibutun, pesisir Loji, Desa Sangrawayang kecamatan Simpenan memang tidak mudah, dibutuhkan beberapa hari agar kondisinya bersih.

Baca juga:  Dampingi PJO TMMD 117, Sekda: "Optimalisasi Pembangunan Daerah Wujudkan Desa Mandiri"

“Kita melihat ini dari awal sudah sampaikan, membersihkan sampah ini bukan hal yang mudah, jadi bukan hanya kita bisa bilang sekarang 4 hari, 2 hari, 1 hari, itu tidak, kita bisa melihat, harus berhitung apa yang kita punya, sarana apa yang kita punya dengan volume sampah yang kita hadapi,” paparnya.

“Ya ini termasuk tantangannya tadi bahwa jarak dari TPA, akses jalan yang terbatas, sehingga butuh perencanaan yang benar benar matang. Karena hari ini saja yang kita injak ini kemarin sore saya di sini ini sudah bersih, tetapi pagi ini sudah kotor lagi, nah itu yang jadi tantangan lagi,” pungkasnya.

Pos terkait