Hari ke 3 Bersih-bersih Pantai Cibutun Sukabumi, Berapa Ton Sampah Terkumpul?

Kapolres Sukabumi AKBP Maruli Pardede bersama Pandawara Group saat memberikan keterangan kepada sejumlah awak media di lokasi kegiatan.| Ndie

LINGKARPENA.ID | Dalam kegiatan hari ke tiga bersih bersih sampah di Pantai Cibutun, Pesisir Loji, Desa Sangrawayang, Kecamatan Simpenan yang diinisiasi TNI Kodim 0622 Kabupaten Sukabumi Jumat, (6/10) dihadiri Pandawara group.

Namun bagi Pandawara group keikutsertaannya dalam kegiatan bersih bersih sampah tersebut merupakan yang pertama. Sebelumnya memang Pandawara group sudah merencanakan bersih bersih pantai selama dua hari yakni 6- 7 Oktober 2023.

Salah satu perwakilan Pandawara group Gilang Rahma mengatakan, dalam kegiatan bersih bersih sampah tersebut sebanyak 5 personelnya ditambah kru ikut bergabung dengan ratusan masyarakat dari berbagai elemen, termasuk TNI, Polri, Karang taruna, KNPI, OKP, Ormas serta unsur terkait lainnya.

Baca juga:  Situ Kubang Cisolok Meluap, 20 KK Terdampak Banjir

“Untuk dari pandawara seperti biasa kita tim berlima beserta kru. Kalau jumlah keseluruhan total yang hadir hari ini mungkin belum bisa terhitung secara akurat mungkin besok dihari kedua akan ada informasi mengenai hal itu,” ungkap Gilang, Jumat, (6/10/23) di lokasi aksi.

Adapun alat yang dibawa tim Pandawara group dalam kegiatannya bersih bersih sampah di Pantai Cibutun, pesisir Loji, Desa Sangrawayang, kecamatan Simpenan hanya seadanya seperti masyarakat lainnya.

“Kalau untuk pandawara sama dengan masyarakat yang ikut, kita pakai alat manual, pakai tangan, kita juga mengenakan glove dan memakai karung yang sudah disediakan oleh pihak aparatur setempat,” jelasnya.

Baca juga:  Tambang Ilegal di Simpenan Sukabumi Ditutup

Adapun dihari pertama keikutsertaannya dalam kegiatan bersih bersih sampah tersebut, Gilang belum bisa memastikan berapa banyak sampah yang berhasil dikumpulkan untuk diangkut ke TPA Cimenteng, Kecamatan Cikembar.

“Dua hari kemarin dari informasi sampai ada 60 ton, perkiraan hari ini untuk data itu kita belum bisa jawab pas secara pasti karena kegiatan belum beres,” terangnya.

Kedepan, kata Gilang Rahma lagi, Pandawara akan terus berusaha untuk membantu alam mendapatkan haknya, pihaknya tidak menyurutkan semangatnya dalam melaksanakan kegiatan bersih bersih sampah.

Baca juga:  Maling Resahkan Warga di Tiga Desa Kecamatan Nyalindung

“Jadi kita tidak akan pernah berhenti, tidak akan menurunkan semangat kita untuk memerdekakan lingkungan yang mengalami kerusakan,” paparnya.

Masih kata Gilang, antusias masyarakat dalam melakukan bersih bersih sampah di pantai Cibutun, pesisir Loji, Desa Sangarwayang sangat luar biasa.

“Sama saja antusiasme masyarakat, kolaborasi intansi terkait dari polres, pak Dandim dan lain lain sangat luar biasa sekali untuk membawa perubahan dipantai Sangrawayang dan Loji,” tandasnya.

Pos terkait