Disperkim Bangun Pengeboran SAB dan Sanitasi Program Replikasi PLPBK

LINGKARPENA.ID | Pemerintah Kabupaten Sukabumi melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) berkomitmen dalam upaya percepatan pencegahan serta penanganan kumuh.

Dalam rangka mewujudkan komitmen tersebut, sejumlah program dilakukan Disperkim diberbagai wilayah dikabupaten Sukabumi pada tahun 2023 diantaranya akses air minum dan sanitasi layak menjadi program Replikasi Penataan Lingkungan Permukiman Berbasis Komunitas (PLPBK).

Sekretaris Disperkim Kabupaten Sukabumi, Syahril Hidayat melalui Kepala Bidang kawasan kumuh Abas bahwa pihaknya saat melakukan monitoring dan evaluasi (monev) yang didampingi Tim Forum Kabupaten serta koordinator Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) diwilyahnya.

Baca juga:  Jalan Desa Mekarasih Sukabumi Hancur, 1.700 Warga Terisolir?

“Berdasar amanat Undang-undang nomor 01 tahun 2011 tentang perumahan dan kawasan permukiman, dimana penyelenggaraan atas perumahan juga kawasan permukiman mencakup pencegahan kumuh serta peningkatan kualitas permukiman kumuh yang wajib dilakukan oleh pemerintah daerah,” kata Abas kepada wartawan Kamis (10/08/2023).

Lanjut dia, program ini sekaligus beriringan dengan rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN) dalam meningkatkan akses masyarakat secara bertahap terhadap perumahan dan permukiman layak, aman dan terjangkau guna mewujudkan kota tanpa permukiman kumuh.

Baca juga:  Sinergi Kapolres Sukabumi Bersama Forkopimcam Ciambar Atasi Stunting

“Program penangan kumuh terpadu salah satunya berada di kampung liung tutut RT 017 Rw 008 Di Desa Babakan, Kecamatan Cisaat Kabupaten Sukabumi. Adapun nama dari Bkm/LPM adalah Babakan , Madani dengan jenis Pekerjaan Sab sarana Air Bersih ,Pengeboran yang dilaksanakan oleh Pakem Mandiri dengan jumlah penerima mampaat 30 kk menurut Wibi sebagai ketua Pelaksana pakem madani,” tandasnya.

Baca juga:  Dandim 0607 Sosialisasi Penerimaan Prajurit TNI-AD Khusus Santri dan Lintas Agama

Sementara itu Koordinator Lapangan, Narti menambahkan menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan pemerintah Kabupaten Sukabumi melalui Disperkim.

“Kami atas nama Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sangat besyukur atas program yang telah di terima dari Dinas Perkim, karena warga sangat memerlukan Sarana Air Bersih (SAB),” ucapnya.

Semoga dengan dibangunnya SAB tersebut dapat bermampaat bagi para warga yang membutuhkan Air Bersih, sebab air sangat penting buat kehidupan sehari-hari,” pungkasnya.

Pos terkait