DR.Sundawan Sapa Warga Nelayan Tegalbuleud, “Hari Nelayan Sprit Juang Nelayan Sukabumi”

Dr. Sundawan saat memberikan keterangan kepada wartawan di lokasi kegiatan Hari Nelayan Kecamatan Tegalbuleud.| istimewa

LINGKARPENA.ID | Dr. Drs. Sundawan Salya, M.Si, hadir dalam rangkaian acara Hari Nelayan di Muara Cikaso, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, pada Jumat, 14/07/2023. Beliau memenuhi udangan nelayan setempat, untuk turut memeriahkan rangkaian acara Hari Nelayan.

Sundawan menuturkan, baginya, nelayan merupakan salah satu elemen masyarakat yang menjadi pilar penting bagi perekonomian masyarakat.

“Nelayan bagi saya, merupakan salah satu elemen masyarakat yang menjadi pilar penting bagi perekonomian masyarakat,” tuturnya.

Beliau berharap, peringatan hari nelayan bukan hanya bentuk ceremony (perayaan- red) saja. Karena menjadi nelayan bukanlah hal yang mudah, perlunya pengembangan SDM agar nelayan bisa menaikan standar penghasilannya.

Moment photo bersama Dr. Sundawan dengan masyarakat Nelayan Tegalbuleud.| istimewa

“Nelayan yang ngaburuh (bekerja- red), nelayan yang penghasilannya masih di bawah lah ya, di bawah standar layak, bukan seperti hal nya pekerja- pekerja yang mendapat UMR. Banyak hal yang perlu kita kembangkan dan kita bangun, ada beberapa hal yang pertama SDM nya dulu,” tegasnya.

Baca juga:  Viral, Petani Penyadap di Tegalbuleud Sukabumi Meninggal Dunia di Atas Pohon Kelapa

“Menjadi nelayan itu tidak mudah, karena ada nelayan yang sifat tradisional dan tidak tradisional. Ini harus kita kembangkan, kemampuan dan pengetahuan mereka, kepada sarana- sarana yang lebih modern demi berkembangnya SDM,” sambungnya.

Beliau menambahkan, besar harapannya kepada pemerintah setempat, untuk lebih memperhatikan nelayan. bisa mengembangkan ini menjadi sesuatu yang lebih baik.

“Mungkin nanti stakeholder yang ada di Kabupaten Sukabumi, khususnya di Tegal Buleud ini, bisa mengembangkan menjadi lebih indah, lebih baik. Sehingga nanti bisa mengembangkan sisi perekonomian tadi,” tambahnya.

Sejalan dengan dirinya yang akan mencalonkan diri menjadi Anggota Legislatif di 2024, beliau mengaitkan dengan memberi gagasan, bahwa dirinya ingin mengembangkan potensi laut.

“Saya ingin mengembangkan potensi laut itu menjadi terintergrasi. Nelayan, Pemilik Modal, peminjaman modal, sampai kepada UMKM, pariwisata dan ekonomi kreatif, ini harus terintegrasi, sehingga ada kebanggaan tersendiri untuk nelayan Indonesia,” tandas calon anggota legislatif dari PDIP ini di akhir sesi kegiatannya.

Baca juga:  Truk Terguling Berendam di Kolam Warga Desa Cijalingan

Dalam kunjungannya kali ini, Dr Sundawan mengadakan lomba Karaoke yang di ikuti puluhan peserta, dari beberapa wilayah dan kalangan di Kecamatan Tegalbuleud.

Sementara itu, dalam acara yang sama, sebagai panitia lokal Eka Lesmana mengaku, sengaja mengundang Dr Sundawan, untuk datang ke Tegal Buleud. berharap agar beliau mengetahui keadaan di wilayah Kecamatan Tegalbuleud.

“Kepedulian beliau (Dr Sundawan- red)) kepada nelayan, kami sengaja datangkan kesini biar bisa bersentuhan langsung dengan masyarakat, biar mengetahui bagaimana keadaan di Kecamatan Tegalbuleud, dari mulai nelayan, infrastruktur, kemudian beliau menghibur masyarakat Tegalbuleud dengan perlombaan karaoke,” ucapnya.

Pengumuman Pemenang Lomba Karaoke Dalam Rangka Hari Nelayan Tegalbuleud.

“Ya kami selaku masayarakat Tegal Buleud, sangat berharap nantinya ketika beliau terpilih naik ke Senayan, aspirasi nya bisa di terapkan di daerah kami,” bebernya.

Baca juga:  Polisi Sita Puluhan Miras di Palabuhanratu Sukabumi

Selanjutnya, Eka Lesmana menyampaikan, menyambut baik adanya kegiatan yang seperti ini, terlebih yang hari ini hadir adalah seorang tokoh Sukabumi, dan kebetulan mau mencalonkan anggota legislatif.

“Sangat positif sekali, seorang calon anggota DPR RI mau turun langsung ke bawah, biar tahu kondisi masyarakat, terutama kaum marginal seperti disini, walaupun kemasannya lomba karaoke, tapi yang lebih penting, seorang calon jadi tahu kondisi real dilapangan,” pungkas Ketua Komunitas JampangberanEka ini.

Pantauan koresponden, acara yang digelar tersebut diikuti oleh masyarakat Tegalbuleud dari berbagai kalangan, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, nelayan dan tamu lainnya.

Selain perlombaan karaoke yang di adakan oleh Dr Sundawan, ada pula Kompetisi Volley Ball. Hal ini dalam rangka memeriahkan rangkaian acara Hari Nelayan di Kecamatan Tegalbuleud, yang puncaknya akan dihelat pada hari Minggu, 16 Juli 2023 lusa.**

Pos terkait