Hari Koperasi ke76 Tingkat Kabupaten Sukabumi: Bupati “Kuatkan Kebersamaan Sesuai Azas Kekeluargaan dan Gotong Royong”

Bupati Marwan Hamami saat menerimah hadia potongan tumpeng di HUT Koperasi dan UKM yang diselenggarakan di Hotel kawasan Salabintana.| istimewa

LINGKARPENA.ID | Peringatan Hari Koperasi ke-76 tingkat Kabupaten Sukabumi diisi dengan seminar yang menghadirkan sejumlah pemateri hebat. Bahkan, para pemateri yang terlibat dalam kegiatan di Hotel Pangrango ini adalah pelaku sukses koperasi hingga pejabat dari Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia.

Kegiatan yang mengambil tema menuju koperasi modern dengan inovasi kolaborasi ini dibuka langsung oleh Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami.

Dalam sambutannya, H. Marwan Hamami sangat mendukung kegiatan semacam ini. Hal itu bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat yang terlibat di bidang koperasi.

“Kegiatan seminar semacam ini dapat menjadi solusi dan berbagi pengalaman terkait memajukan koperasi,” ujarnya pada Selasa, 18 Juli 2023.

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan rasa kebersamaan para pelaku koperasi sesuai dengan asas koperasi yakni kekeluargaan dan gotong-royong.

Baca juga:  Masjid Tertimpa Pohon dan 3 Rumah Terancam Longsor di Cibadak Sukabumi

“Lewat semangat dan kebersamaan anggota, semuanya akan lebih indah. Apalagi, hasilnya akhirnya untuk kesejahteraan bersama,” ucapnya.

Namun, yang tak kalah penting adalah pemanfaatan teknologi oleh koperasi itu sendiri. Hal itu sejalan dengan koperasi modern yang menjadi tema kegiatan ini.

“Kualitas SDM yang handal dan pemanfaatan teknologi mutlak diperlukan untuk menjadikan koperasi modern. Salah satunya melalui pendidikan dan pelatihan,” ungkapnya.

Maka dari itu, Pemerintah Kabupaten Sukabumi mencoba memudahkan hal tersebut. Salah satunya melalui Siinforman Berdasi yang digagas oleh Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah (DKUKM) Kabupaten Sukabumi. Sistem informasi manajemen diklat dan pemberdayaan koperasi ini dapat memudahkan masyarakat untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas SDM.

Baca juga:  Politisi Gerindra dapat Suapan Nasi Tumpeng di Anniversary Ke 2 Sebara 83

“Siinforman Berdasi ini mutlak diperlukan dalam meningkatkan kualitas dan kapasitas SDM koperasi yang terencana, terstruktur, dan tepat sasaran,” bebernya.

Ketua Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Sukabumi, Catri Gunawan, menambahkan bahwa terdapat sejumlah indikator menuju koperasi modern. Hal itu dimulai dari peningkatan keanggotaan, modal, aset, transparansi, dan akuntabilitas.

“Koperasi ini harus terus didorong demi mewujudkan masyarakat yang sejahtera,” ungkapnya.

Maka dari itu, para pelaku koperasi yang mengikuti seminar ini diminta memperhatikan dengan seksama, apalagi dengan materi yang sangat luar biasa.

“Semoga melalui seminar ini, dapat termotivasi untuk lebih memajukan koperasi,” pungkasnya.

Baca juga:  Bawa Obat Terlarang, Dua Remaja Diciduk Polisi di Sukabumi

Dalam kegiatan tersebut, terdapat pemberian penghargaan kepada sejumlah koperasi dengan kategori sehat, tercepat melaksanakan rapat anggota tahunan (RAT), sisa hasil usaha (SHU) terbesar, dan produsen peternak terbaik. Kegiatan diakhiri dengan peluncuran Siinforman Berdasi oleh Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami.

Beberapa koperasi yang menerima penghargaan tahun buku 2022 antara lain:

Kategori Koperasi Sehat:
1. Koperasi Konsumen Nurul Iman Dwiguna
2. KPRI Rati Balitri Parungkuda
3. Koperasi Konsumen Pegawai PLTU Palabuhanratu Sejahtera Bersama

Koperasi Tercepat Melaksanakan RAT:
Koperasi Konsumen Al Ikhlas Madani Berdikari

Koperasi dengan SHU Terbesar:
Koperasi Konsumen Pegawai PLTU Palabuhanratu Sejahtera Bersama

Koperasi Produsen Peternak Terbaik:
Koperasi Peternak Serba Usaha Riung Mukti.

Pos terkait