Ini Dia Jawaban Bupati atas Raperda Tentang Pertanggungjawaban APBD 2022

Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Sukabumi | istimewa

LINGKARPENA.ID | Wakil bupati Sukabumi Iyos Somantri sampaikan jawaban Bupati terhadap pandangan umum Fraksi DPRD atas Raperda tentang pertanggung jawaban pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2022. Hal itu disampaikan Iyos saat rapat Paripurna bersama dengan DPRD Kabupaten Sukabumi yang dilaksanakan Jumat, (16/6).

Dalam pemaparannya Iyos menyampaikan bahwa Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) merupakan wujud dari pengelolaan keuangan negara yang ditetapkan setiap tahun dan dilaksanakan secara terbuka dan dipertanggungjawabkan sebesar besarnya untuk kesejahteraan rakyat.

“Iya pelaksanaan pengelolaan keuangan negara yang diwujudkan dalam APBD harus dilaksanakan secara tertib, taat pada perundang-undangan, efisien, ekonomis, efektif, serta transparan dengan memperhatikan rasa keadilan dan kepatutan,” ujarnya.

Baca juga:  Suami Stroke dan Rumah Lapuk Kebocoran, Camah Menangis Haru Terima Bantuan Renovasi¬†

Menurut Iyos, pelaksaan pengelolaan keuangan tersebut sudah berjalan dengan baik, hal itu dibuktikan atas raihan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) BPK RI ke-9 terhadap LKPD yang telah melalui hasil audit, namun demikian kedepan tentunya harus dijadikan bahan koreksi dan evaluasi bagi pemerintah daerah untuk melakukan perubahan, perbaikan, penyempurnaan manajemen pengelolaan keuangan daerah tersebut.

“Tentunya dengan mempertimbangkan prinsip efektif, efisien, transparansi, akuntabilitas, dan taat asas. Pencapaian kinerja pengelolaan keuangan daerah dengan raihan Opini WTP dari BPK-RI secara berturut-turut dan merupakan kerja bersama antara pemerintah daerah, DPRD dan stakeholder terkait,” jelasnya.

Baca juga:  Ingat! Wisatawan Masuk Pantai Palabuhanratu Wajib Swab Tes C-19

“Kita kedepan harus bisa pertahankan, memperbaiki kekurangan, serta meningkatkan kinerja agar temuan-temuan hasil koreksi dapat segera kita tindaklanjuti dan ini harus menjadi komitmen bersama sehingga potensi permasalahan-permasalahan dalam pengelolaan keuangan daerah berikutnya terminimalisir dan mudah mengatasinya,” terangnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Yudi Suryadikrama mengapresiasi atas jawaban Bupati yang disampaikan Wakil Bupati atas Raperda pertanggungjawaban APBD TA 2022 tersebut. Yudi berharap, jawaban dan penjelasan yang telah disampaikan oleh Bupati terhadap pandangan umum Fraksi dapat menjadi bahan kajian dan telaahan bersama untuk melakukan pembahasan lebih lanjut atas Raperda tersebut.

Baca juga:  Wakil Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Sukabumi Ucapkan Selamat Hari Pers, Lawan Berita Hoaks dan Sara

“Sebagai informasi perlu kami sampaikan, berdasarkan jadwal kegiatan DPRD yang telah disepakati oleh Bamus, untuk pembahasan Raperda itu akan dilakukan oleh Komisi-Komisi DPRD bersama dengan mitra merja perangkat daerah,” singkatnya.

Pos terkait