KPU Kab Sukabumi Musnahkan Kertas Suara, Ini Jumlahnya

KPU bersama Porkofimda saat melakukan pemusnahan kertas surat suara di gedung logistik Jalan Sukaraja Kabupaten Sukabumi pada selasa malam.| Akoy Khoerudin

LINGKARPENA.ID | Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukabumi, bereng Forkopimda, melakukan pemusnahan logistik kertas suara Pemilu 2024 di Gudang Logistik KPU, Jalan Sukaraja, Desa Pasirhalang, Kecamatan Sukaraja, Selasa (13/2/24) malam.

Turut hadir dalam pemusnahan kertas suara Pemilu 2024, Kapolres Sukabumi AKBP Tony Prasetyo Yudhangkoro, perwakilan dari TNI, Kepala Kepala Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Sukabumi, Tri Romadhono Suwardianto, dan perwakilan dari Kejaksaan Negeri (Kejari).

Baca juga:  Sekda Tinjau Gudang Logistik KPU Kabupaten Sukabumi

Ketua KPU Kabupaten Sukabumi, Kasmin Belle mengatakan, satu hari menjelang pemungutan suara pada Rabu, 14 Februari 2024 ini sebanyak 9.711 kertas suara yang dimusnahkan bersama sama Forkopimda.

“Untuk rincian surat suara yang dimusnahkan malam ini, untuk surat suara Presiden 850 lembar, surat suara DPR RI 4.013 lembar, DPD 695 lembar, DPRD Provinsi 835 lembar, dan 3.318 lembar surat suara yang kami musnahkan,” kata Kasmin Belle dihadapan para awak media.

Baca juga:  Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Sukabumi Pimpin Rapat Paripurna Ke16

Kasmin menjelaskan, ribuan kertas suara yang dimusnahkan itu merupakan hasil sortil lipat. Di antaranya ada kerusakan juga ada kelebihan surat suara sehingga dimusnahkan sesuai dengan pedoman teknis tata kelola logistik Pemilu 2024.

“Pemusnahan logistik ini tentu berdasarkan dari keputusan KPU nomor 1395, tentang pedoman teknis tata kelola Pemilu. Sehingga kelebihan dan kerusakan surat suara ini kami musnahkan bersama Forkopimda Kabupaten Sukabumi,” ungkapnya.

Baca juga:  Belum Penuhi Persayaratan, Ratusan Bacaleg Terancam Dicoret KPU Kabupaten Sukabumi

Ia memaparkan, logistik atau kertas suara yang dimusnahkan ini didominasi kelebihan. Di sisi lain, dirinya memastikan semua kertas suara di setiap TPS sudah terpenuhi bahkan sudah terdistribusi ke setiap TPS.

“Kalau di setiap TPS sudah terpenuhi dan itu ditambah dua persen. Mudah mudahan pada proses pemungutan suara besok (hari ini) dapat berjalan dengan lancar, aman dan tertib tanpa ekese sama sekali,” pungkasnya.

Pos terkait