Masa Tenang: Panwascam Cibeureum Amankan 853 Alat Peraga Kampanye, Ini Jenisnya

Inilah alat peraga kampanye yang berhasil dikumpulkan Panwascam Cibeureum selama masa tenang.| Akoy Khoerudin

LINGKARPENA.ID | Panwaslu Kecamatan Cibeureum, Kota Sukabumi menggelar press release pada masa tenang hari ke Tiga. Kegiatan tersebut berlangsung di Kantor Panwascam Kecamatan Cibereum, Jalan Limusnunggal, RT 01/02 Kelurahan Limusnunggal, Kecamatan Cibereum Kota Sukabumi.

Dalam acara press releasenya, Panwascam Cibeureum membeberkan kegiatan selama masa tenang tiga hari ini. Pada masa tenang sendiri dilakukan beberapa kegiatan sesuai instruksi Bawaslu Pusat salah satunya menertibkan alat peraga kampanye dan pelanggaran administratif lainnya.

“Ini salah satu ikhtiar kami demi terciptanya dengan baik penyelangaraan tahapan pemilu yang lebih baik,” kata divisi hukum pencegahan dan humas Panwascam Cibeureum, Cep Danu, dalam pres releasenya, di hari terakhir masa tenang, Selasa, 13 Pebruari 2024.

Dalam penertiban alat peraga kampanye, Panwascam Cibeureum melibatkan Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Perhubungan serta pihak Kepolisian dari Polsek Cibeureum TNI dan sejumlah Petugas Linmas (Perlindungan Masyarakat).

Baca juga:  Aplikasi Baru Binmas Online dengan Sistem BOS V2, Ini Penjelasan Sat Binmas Polres Sukabumi Kota¬†
Press release Panwascam Cibeureum | Akoy Khoerudin

Sementara itu menyoal pendistribusian logistik di Kecamatan Cibeureum semua kelengkapan seluruhnya sudah di terima oleh PPK Kecamatan Cibereum. Pendistribusian logistik sendiri sudah selesai pada pukul 03:00 wib dini hari tadi.

“Semua logistik sudah aman tersalurkan di hari terakhir masa tenang. Namun kami tetap akan melakukan pemantauan /patroli pengawasan malam nanti,” tandas Cep Danu.

“Ya, untuk meminimalisir adanya kegiatan politik atau lebih akrab (serangan fajar) “money politics” di masa tenang ini,” imbuhnya.

Sementara itu, Yusuf Saepul Anwar divisi penanganan pelanggaran dan penyelesaian sengketa Panwascam Cibeureum menyampaikan, selama masa tenang Panwas Cibereum telah mengamankan alat peraga kampanye selama tiga hari masa tenang sebanyak 853 alat peraga dari berbagai model.

Baca juga:  Kejari Kota Sukabumi, Kembali Berikan Restorative Justice Terhadap Tersangka Kasus Lakalantas

“Kami berhasil mengumpulkan sebanyak 853 alat peraga kampanye selama tiga hari masa tenang ini. Jumlah itu dari berbagai alat peraga kampanye,” ujar Yusuf.

Dijelaskan Yusuf dari jumlah alat peraga kampanye tersebut masing-masing baliho 181 buah, Spanduk 662 buah dan Bendera Partai 10 buah.

Ditempat yang sama Ketua Panwascam Cibereum Acep Sutisna menambahkan, di Kecamatan Cibeureum sendiri terdapat 124 tempat pemungutan suara atau TPS.

Penyelenggaraan Pemilu tahun 2024 di Kecamatan Cibereum menurut Acep berjalan lancar. Dirinya juga mengapresiasi kepada seluruh stakeholder yang turut membantu atas suskesnya pemilu 2024 di Kecamatan Cibeureum.

“Pendistribusian logistik di 124 tempat pemungutan suara (TPS) di Kecamatan Cibeureum selesai di hari ketiga ini. Pada tahun sebelumnya pendistribusian logistik ini setahu kami hingga malam hari,” kata Acep.

Baca juga:  1 Korban Tewas Saat Akan Buang Bongkahan Tunggul Akar Bambu yang Roboh

Sementara itu menyoal adanya pelanggaran yang dilakukan oleh pelaku Pemilu seperti Calon Legislatif dari mulai alat peraga dan media sosial, Panwascam Cibeureum tetap memantau agar bisa diminimalisir adanya pelanggaran dan keberadaannya.

“Hingga saat ini kami belum menerima riport dari kawan-kawan PTPS. Ya masih belum ada yang melaporkan. Intinya kami tetap melakukan mitigasi di tiga hari tenang ini,” ujarnya.

“Tidak ditemukan pelanggaran yang mnonjol di Kecamatan Cibeureum, ya ada beberapa pelanggaran administratif dari peserta pemilu. Secara keseluruhan sih, hanya Indikasi-indikasi saja sih, tapi tidak terlalu,” pungkasnya.

Panwascam Cibeureum juga menghimbau kepada seluruh warga masyarakat untuk selalu menjaga stabilitas dan melaporkan jika ditemukan adanya kecurangan dan kecurigaan menjelang pencoblosan pada 14 Pebruari besok.

 

Pos terkait