KPU Kabupaten Sukabumi Gelar Bimtek Terpadu untuk PPK

Bimbingan teknis Komisi Pemilihan Umum KPU Kabupaten Sukabumi | Istimewa

LINGKARPENA.ID | Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukabumi Selenggarakan Bimbingan teknis terpadu, kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dalam pengelolaan pendistribusian logistik, Pemungutan Penghitungan dan Rekapitulasi Penghitungan Perolehan Suara Pada Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024, bertempat di Hotel Selabintana Kecamatan Sukabumi Desa Sudajayagirang.

Dalam pelaksanaanya Bimtek diikuti oleh Ketua PPK dan Anggota PPK Sekretaris PPK, Selama kegiatan dibagi menjadi dua sesi yaitu Waktu PPK Dapil 2, 3 dan 4 tanggal 7-8 Februari 2024 lalu PPK Dapil 1, 5 dan 6 tanggal 9-10 Februari 2024.

Ketua KPU Kabupaten Sukabumi, Kasmin Belle mengatakan pada wartawan, bimtek ini akan dilaksanakan selama dua sesi, peserta diikuti hari ini dapil 2,3 dan 4 .

Jadi kita tekankan secara teknis kepada para peserta panitia pemilihan kecamatan (PPK) agar siap menjelang pelaksanaan pemungutan suara di 14 Februari

Baca juga:  100 Peserta Ikuti Bimtek Penyusunan Produk Hukum, Ini Kata Sekda Sukabumi

“Maksud tujuannya supaya lebih memantapkan persiapan menjelang pelaksanaan pemilu, terutama dari PPK seperti persiapan logistik saat ini sudah masuk PPK,” ungkapnya.

Ditambahkan olehnya, Sebelumnya juga kita selalu berikan arahan, diantaranya tentang mekanisme pendistribusian logistik dari PPK bergeser ke PPS lalu menuju ke KPPS.

lebih memantapkan kepada bimbingan teknis, ke perwakilan PPK dikhususkan membahas pengelolaan, pendistribusian logistik, pemungutan, penghitungan lalu rekapitulasi penghitungan perolehan suara.

“Kemudian akan dilanjutkan ke tingkat PPS, seterusnya PPS akan mensosialisasikan kembali ditingkat KPPS,” tandas Ketua KPU Kabupaten Sukabumi, Rabu (7/2/2024).

Sedangkan mekanisme penghitungan suara Kasmin uraikan, untuk hari pemungutan suara, kemarin kita sempat memberikan surat ke bupati supaya pencoblosan lima kertas suara ditanggal hari H selesai.

Semisal dalam penghitungan suara tidak selesai, maka akan dilanjutkan di tanggal 15 februari ,karena maksimal penghitungan itu selama 12 jam,” katanya.

Baca juga:  Dinas Perkimsih Kabupaten Sukabumi Terlibat Aktif Kegiatan Roasting

Lanjut Belle, Sebagai tolak ukur suksesi Pemilu 2024 , Kasmin tegaskan agar seluruh para peserta dapat mengikuti bimtek secara intens juga betul-betul mencermati agar kelak dalam pelaksanaannya
selalu berkoordinasi membangun komunikasi .

“Karena bimtek ini secara teknis untuk lebih pemantapan, walaupun sampai hari ini tidak ada kendala maka kami harapkan peran serta pengawasan masyarakat terhadap seluruh unsur pelaksana pemilu sampai tingkat tempat pemungutan suara (TPS) .

Kendala sementara hanya aplikasi sirekap pemilu 2024, karena dari pusat ada beberapa fitur tambahan, sehingga beberapa hari kebelakang aplikasi jadi berat hampir di semua daerah, namun pernah di coba tes koneksi dari hari ke hari sudah semakin baik.

Sekitar 300 TPS masih berada di area blank spot, namun kendati seperti itu, bila data sudah di input dalam kondisi off line pun secara otomatis jikala melintasi daerah sinyal normal secara otomatis akan terinput jadi tidak akan mengganggu pada data rekap yang sudah diinput,” tandas Kasmin.

Baca juga:  Tak Bisa Tunjukkan Hasil Rapid Antigen dan Surat Jalan, Ratusan Kendaraan Diputar Balik Petugas

Sebagai informasi, Materi yang disampaikan dalam.dua sesi bimtek antara lain Peran Pengawasan Bawaslu dalam Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu,Modus Pidana dalam Pemungutan dan Penghitungan Suara dalam Pemilu Tahun 2024 dengan Narasumber Kejaksaan Negeri.

Rapat Koordinasi Pemungutan, Penghitungan dan Rekapitulasi Penghitungan Perolehan Suara
Pemilu Tahun 2024 disampaikan oleh Divisi Teknis Penyelenggara, Rapat Koordinasi Pengelolaan dan Pendistribusian Logistik dengan narasumber Subbag Keuangan, Umum, dan Logistik Kemudian Dukungan Pemerintah dalam penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024 dengan narasumber Bakesbangpol Kabupaten Sukabumi.

Pos terkait