Pemdes Damaraja Warungkiara Sukabumi Terus Berjuang untuk Kesejahteraan Masyarakat

Kepala Desa Damaraja Ade Suparman didampingi Babinsa dan BPD saat memberikan bantuan langsung tunai kepada penerima manfaat secara simbolis di Kantor Desa Damaraja Kecamatan Warrungkiara.| Foto: Istimewa

LINGKARPENA.ID | Pemerintah Desa (Pemdes) Damaraja Kecamatan Warungkiara Kabupaten Sukabumi Jawa Barat terus bergerak membangun dengan merealisasikan anggaran Dana Desa (DD) Tahun Anggaran 2023. Pembangunan dari mulai infrastruktur jalan, pembangunan posyandu dan fisik lainnya sebagai wujud implementasi bagi warga masyarakat desa.

Letak daerah Desa Damaraja ini sekitar 5 kilometer dari Jalan Nasional Sukabumi -Palabuhanratu. Penduduk setempat sendiri mayoritas adalah petani. Seiring dengan waktu desa ini mampu menunjukan keberhasilan atas capaian capaian dari kerja keras pemerintah desa dengan dukungan pemerintah daerah dan pusat untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan sektor lainnya.

Melalui implementasi yang efektif dan transparan, Pemdes Damaraja telah berhasil meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat. Kendati belum sempurna paling tidak saat ini masyarakat desa bisa menikmati fasilitas umum yang direalisasikan oleh pemerintah desa.

Baca juga:  Bupati, 37 Calon Haji dari PGRI Siap Diberangkatkan

“Alhamdulillah atas bantuan pemerintah pusat dan daerah baik provinsi maupun kabupaten, sehingga pemerintah desa Damaraja bisa mewujudkan beberapa pembangunan. Ya baik itu infrastruktur maupun fasilitas umum lainnya. Dan yang paling penting swadaya gotong royong di desa Damaraja ini masih aktif,” terang kepala desa Damaraja, Ade Suparman, kepada wartawan beberapa waktu lalu.

Kata Ade, berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 201/PMK.07/2022 tentang Pengelolaan Dana Desa, Pemdes Darmareja menjalankan program pembangunan dan kesejahteraan masyarakat dengan baik. Setiap pembagian insentif kepala desa langsung diberikan kepada keluarga penerima manfaat, menjadikan prosesnya lebih transparan dan adil.

Pemerintah desa Damaraja bersama Forkopimdes saat menggelar acara sebelum pemberian bantuan langsung tunai bagi warga penerima manfaat.| istimewa

Menurut Kades, program pembangunan dan kesejahteraan masyarakat telah berhasil terealisasikan dengan baik. Dana desa yang telah dialokasikan digunakan untuk berbagai kegiatan yang memberikan manfaat langsung kepada masyarakat. Selain itu, Pemdes Darmareja juga berhasil melaksanakan pembangunan akses jalan yang sangat penting bagi mobilitas masyarakat.

Baca juga:  Anak Disabilitas di Warungkiara Dikunjungi Kapolres Sukabumi dan Ibu

“Pemdes Damaraja telah melaksanakan program pembangunan infrastruktur dengan tujuan adalah kesejahteraan masyarakat. Ya seperti pembangunan akses jalan yang telah berhasil terlaksana dengan baik. Akses jalan yang baik tentu akan mempermudah mobilitas bagi masyarakat, guna meningkatkan konektivitas dengan wilayah lain dan mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat desa,” jelasnya.

Dijelaskan Kades, dalam upaya memastikan bahwa dana desa digunakan dengan efektif, pembagian insentif dilakukan secara langsung atau door to door kepada penerima manfaat. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa setiap keluarga penerima manfaat mendapatkan insentif dengan adil dan transparansi.

Baca juga:  Waketu Tidar Jabar Tinjau Panen Perdana Udang Galah di Pokdakan Barokah Cisarua Farm Sukabumi

“Kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat. Ya setidaknya pemerintah desa bisa memberikan pelayanan yang adil dan transparan,” tambahnya.

Ade juga menambahkan, keberhasilan Pemdes Damaraja dalam menyelesaikan realisasi anggaran Dana Desa pada Anggaran 2023 ini menjadi contoh bagi desa-desa lainnya. Dengan komitmen yang kuat dan kerjasama antara pemerintah desa dan masyarakat, diharapkan mampu berkembang dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

“Kami terus berjuang untuk kesejahteraan masyarakat desa dengan berbagai upaya. Ya tentu kesejahteraan masyarakat adalah merupakan impian kami di swlaku pemerintahan desa,” pungkasnya.

Pos terkait