Peringati Hari Bumi, Diskan Kab Sukabumi Tebar Ribuan Bibit Ikan

LINGKARPENA.ID | Dalam rangka memperingati Hari Bumi, Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi lakukan gerakan penaburan ribuan bibit ikan Nilem dan Tawes di 13 sungai yang ada di seluruh di wilayah kecamatan Cisolok.

Menurut Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi, Nunung Nurhayati mengatakan, program ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya melestarikan alam dan lingkungan melalui pelestarian ikan di sungai-sungai desa.

Baca juga:  Sederet Prestasi Kaleidoskop di Disdik Sukabumi, Elis Bantah Tudingan Sadis Kinerjanya Pada Bidang PAUD

“Melalui pelepasan ikan lokal, masyarakat diharapkan dapat menjaga ekosistem sungai dan memperkaya sumber protein hewani,” ujar Nunung, Rabu, 24 April 2024.

Lanjut Nunung, lebih dari 12.000 ekor bibit ikan Tawes dan Nilem dilepas liarkan di sejumlah sungai yang ada di 13 lokasi yang ada di kecamatan Cisolok. Salah satunya Sungai Cibareno, Cimarinjung, dan Cikahuripan.

Nunung menyatakan, kedua jenis ikan ini merupakan bagian dari ekosistem sungai yang mudah didapat dan dijadikan sumber gizi bagi masyarakat.

Baca juga:  Kepala Dinas Perikanan Apresiasi 'Gisli' Dirjend Kementerian Kelautan dan Perikanan

Dalam momen peringatan Hari Bumi, Nunung mengajak masyarakat untuk bersinergi dalam menjaga lingkungan sungai. Selain itu membersihkan sungai, menanam pohon di sekitarnya dan menghindari penggunaan alat tangkap yang merusak habitat ikan.

“Semoga program ini dapat membantu menurunkan angka stunting dan meningkatkan kesadaran masyarakat terkait pelestarian lingkungan,” jelasnya.

Selain itu, Nunung berharap agar kesadaran ini dapat ditularkan oleh perangkat desa untuk membentuk kepedulian yang berkelanjutan terhadap pelestarian ikan dan pengelolaan perairan darat di Kabupaten Sukabumi, khususnya di kecamatan Cisolok.

Baca juga:  Dinas Perikanan Kembangkan Ikan Sidat di Wilayah CPUGGp

“Ini sejalan dengan amanah Peraturan Daerah Kabupaten Sukabumi Nomor 1 Tahun 2023 tentang pengelolaan perikanan,” pungkasnya.

Pos terkait