Prihatin, Akes Menuju Wisata Cipanas Desa Mekarasih Sukabumi Amburadul

Lingkarpena.id, SUKABUMI – Pemerintah Desa (Pemdes) Mekarasih, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi meminta pemerintah daerah segera membangun jalan kabupaten ruas Warungkiara-Cidadap. Pasalnya jalan yang sebelumhya berstatus jalan desa itu belum tersentuh pembangunan sama sekali.

Kondisi jalan kabupaten sepanjang 6 Kilometer (Km) tersebut kondisinya masih beralaskan tanah dan sebagian bebatuan. Padahal jalan itu merupakan akses utama warga dan menjadi akses utama menuju destinasi wisata air panas Desa Mekarasih.

“Rencananya tahun lalu jalan menuju objek wisata ini akan dibangun oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi, tetapi belum terealisasi,” kata Sekertaris Desa Mekarasih, Bangbang Nurjansah, kepada Lingkarpena.id, Senin (23/8/2020).

Baca juga:  DPRD Terima Audiensi 5 Profesi Kesehatan di Kabupaten Sukabumi Tolak Omnibus Law

Ia menjelaskan ruas jalan kabupaten Warungkiara-Cidadap sebagian memang sudah dibangun, yaitu di Desa Cibuntu dan Desa Tarisi, sehingga pembangunan tinggal dianjutkan ke Desa Mekarasih. Apalagi jalan ini akses utaman menuju destinasi wisata air panas yang baru selesai dibangun.

“Jika jalan menuju tempat wisata masih rusak bagaimana destinasi tersebut dapat dimanfaatkan secara maksimal, padahal pembangunan wisata air panas tersebut menggunakan anggaran yang sangat besar dari Dinas Pariwisata,” bebernya.

Baca juga:  17 Hari Hilang, Pelajar SMP Asal Nagrak Sukabumi Ditemukan, Ini Ceritanya!

Ruas jalan tersebut, kata dia, pernah dibangun menggunakan dana desa, ketika ruas masih berstatus jalan desa. Akan tetapi statusnya kini menjadi jalan kabupaten sejak tahun 2015 silam.

“Kalau jalan tersebut berstatus jalan kabupaten, otomatis pembangunanya pun menjadi tanggungjawab kabupaten dan tidak bisa menggunakan dana desa,” imbuhnya.

Dari informasi yang diterima pemerintah desa, ruas jalan tersebut akan segera dibangun akhir tahun ini. Tetapi ia mengaku belum mendapatkan informasi resmi dari Dinas Pekerjaan Umum (DPU) sebagai leading sektornya.

Baca juga:  Warga dan Pengguna Jalan, Harapkan Perbaikan Jalan Rusak Milik Provinsi Digeber

“Kami berharap informasi tersebut benar, sehingga pembangunan ruas jalan yang sudah lama dinantikan ini dapat terealisasi dan mengangkat perekonomian masyarakat serta menghidupkan destinasi wisata air panas,” tandasnya.

 

Reporter : Wafik Hidayat
Editor : Garis Nurbogarullah

https://www.instagram.com/p/CEQmOFQlZkg/?igshid=v4px5hw6k4xi

 

Pos terkait