Puluhan Bhabinkamtibmas Polres Sukabumi Kota Dilatih Tangani ODGJ

Puluhan personel Bhabinkamtibmas antusias saat mengikuti pelatihan penanganan ODGJ di Setukpa Lemdiklat Polri Sukabumi.| istimewa

LINGKARPENA.ID | Puluhan personel Bhabinkamtibmas Polres Sukabumi Kota mengikuti pelatihan kemampuan penanganan ODGJ (orang dengan gangguan jiwa) dan terlantar di Setukpa Lemdiklat Polri, Kamis, 27 Juli 2023.

Sebanyak 93 personel secara bersama-sama dengan 72 siswa Sekolah Inspektur Polisi (SIP) angkatan ke-52 tahun 2023 antusias mengikuti pelatihan dari siswa Purnomo yang telah berhasil merawat hampir 176 ODGJ di kediamannya.

Purnomo yang juga merupakan salah satu siswa SIP angkatan 52 tahun 2023 Resimen Rahesa Aditya Diandra (RAD), yang lulus dengan predikat penghargaan Kapolri merupakan salah satu nominator penerima penghargaan Hoegeng Awards tahun 2023.

Kasetukpa Lemdiklat Polri Brigjen Pol Mardiaz Kusin Dwihananto, pada kesempatan membuka acara pelatihan ini menyampaikan, program pelatihan ini merupakan salah satu aktualisasi Presisi yang harus difahami betul oleh personel Polri terutama Bhabinkamtibmas, dalam penjabaran perlindungan, pelayanan dan pengayoman kepada masyarakat.

Masyarakat taunya polisi itu bisa segalanya, termasuk mengangani ODGJ, dan kemampuan ini tidak ada Dikjurnya di Polri, ujar Kasetukpa.

Baca juga:  Pengamanan Gereja di Hari Minggu di Kota Sukabumi Diperketat, Ini Alasannya

Pelatihan ini juga diharapkan, para Bhabinkamtibmas kedepan dapat membantu menurunkan tingkatan stres yang dialami personel Polri, rata-rata polisi mengalami stres, karena didalam kehidupan sehari-hari Polri selalu dihadapkan dengan rasa curiga, was-was, waspada, memprediksi hal-hal atau kemungkinan negatif, tambahnya.

Penomena ODGJ dewasa ini semakin banyak, oleh karenanya para Bhabinkamtibmas harus tampil terdepan, kesempatan ada siswa Purnomo ini kita manfaatkan untuk dapat mengambil ilmunya, kita aplikasikan bersama dilapangan, kata Brigjen Pol Mardiaz.

Dalam kesempatan acara tersebut, Kasetukpa juga mengajak para Bhabinkamtibmas untuk mempopulerkan Sukabumi sebagai Kota Polisi, dengan harapan terwujudnya etalase Polri modern ada di Polres Sukabumi Kota, dan sebagai salah satu upaya mewujudkannya Setukpa akan membangun museum Polri.

Menutup sambutanya, Kasetukpa mengajak selain sebagai Kota Polisi, mari kita wujudkan Sukabumi ramah perempuan dan anak, ramah ODGJ, pungkasnya.

Baca juga:  Dua Warga Selabintana Dibacok Berandalan Bermotor di Pondok Halimun Sukabumi

Pada season penyampaian materi, Purnomo menyampaikan, penyakit ODGJ tidak akan selesai bila kita tidak mampu dan tidak mau menolongnya. ODGJ yang terlantar adalah tanggung jawab negara, kita para Bhabinkamtibmas sebagai anggota Polri adalah bagian dari negara, harus hadir ditengah kesulitan masyarakat diantaranya dalam penanganan ODGJ.

Purnomo memberikan motivasi dengan penayangan video serta menceritakan pengalamannya saat pertama kali merawat ODGJ, dengan berbagai rintangan, kesulitan, cemoohan, dan akhirnya menuai kerberhasilan. “Kalau kita bisa menolong ODGJ sampai sembuh yakin pasti akan ketagihan, dan semua itu saya lakukan dengan ikhlas lillahi ta’ala bukan untuk mengejar penghargaan” ungkap Purnomo

Kita menolong orang dimana orang itu tidak bisa membalas, yakinlah Allah akan memberikan keajaiban. Orang gila tidak bisa mengucapkan terimakasih, tapi Allah maha tau apa yang tepat diberikan kepada kita, ujarnya

Baca juga:  Perkuat Sinergitas, Polres Sukabumi Kota Olahraga Bareng Wartawan

Purnomo mengajak para Bhabinkamtibmas untuk mau menolong ODGJ, dengan beberapa kiat cara menolong ODGJ diantaranya, pertama kita harus berani jangan ragu, orang gila takut ketika melihat kita berseragam polisi, itulah hebatnya kita polisi, kedua kita harus yakin bisa membantu dan lakukan dengan sabar, berikutnya peluk dengan erat sampai mereka merasa nyaman dan selanjutnya ajak mereka bahagia.

Menutup materinya Purnomo menyampaikan ODGJ memiliki hak untuk diperlakukan sama sebagaimana layaknya orang yang hidup normal.

Diakhir acara Kasetukpa Brigjen Pol Mardiaz mengungkapkan, menangkap penjahat adalah kebanggaan, mencegah kejahatan itu terjadi adalah kemuliaan, Bhabinkamtibmas adalah profesi yang mulia.

Acara pelatihan peningkatan kemampuan Bhabinkamtibmas dalam menangani ODGJ ini juga dihadiri oleh Kabag Bimsis Setukpa Lemdiklat Polri Kombes Pol Drs. Ignatius Agung Prasetyoko, Waka Polres Sukabumi Kota Kompol Deny Rahmanto, serta Kasat Binmas Polres Sukabumi Kota AKP Enita Dwi.**

Pos terkait