Roadshow Mancing Bersama Bakti PU ke 78 di Situ Cisuba Cikidang

Roadshow mancing bersama di Bakti PU ke 78 Kabupaten Sukabumi di Situ Cisuba Kecamatan Cikidang.| Foto: Istimewa

LINGKARPENA.ID | Pemerintah Kabupaten Sukabumi mengeksplor sejumlah hidden gem di sektor pariwisata melalui kegiatan Bakti PU ke 78. Terutama situ-situ indah di Kabupaten Sukabumi yang selama ini hanya diketahui sebagian orang saja.

Selama kegiatan Bakti PU ke 78 saja, terdapat tiga situ yang dieksplor Pemerintah Kabupaten Sukabumi seperti Situ Habibie di Kecamatan Surade, Situ Cijeruk di Kecamatan Sukaraja, dan Situ Cisuba di Kecamatan Cikidang.

Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami mengatakan, ekplorasi situ dilakukan lewat kegiatan memancing bersama masyarakat. Sebab, memancing merupakan kegiatan yang sangat disukai hampir semua kalangan. Baik itu kalangan muda maupun orangtua.

“Ini merupakan salah satu upaya mengenalkan objek wisata. Kenapa dengan memancing? Memancing itu, semua usia ada. Lewat kegiatan semacam ini, komunikasi dua arah bisa tersampaikan secara baik,” ujarnya di sela-sela kegiatan memancing bersama masyarakat di Situ Cisuba, Tamansari, Kecamatan Cikidang, Minggu, 26 November 2023.

Baca juga:  BMKG Wilayah Palabuhanratu Imbau Nelayan Waspada Gelombang Tinggi

Selain itu, kegiatan ini dijadikan ajang evaluasi tugas Dinas Pekerjaan Umum (PU). Terutama di bidang perairan.

“Di Dinas PU ini ada PSDA yang bertangggungjawab dalam pemeliharaan situ dan irigasi. Jadi kegiatan ini sekaligus melihat secara langsung situ itu sudah termanfaatkan atau tidak untuk pemberdayaan pertanian. Selain pariwisata, bisa dimanfaatkan untuk pertanian,” ucapnya.

Tak hanya itu saja, keberadaan situ pun bisa bermanfaat besar bagi lingkungan maupun masyarakat. Apalagi Pemerintah Kabupaten Sukabumi berupaya menyebarkan bibit ikan di sejumlah situ.

“Kami mencoba menyebarkan bibit ikan ke sejumlah situ. Kegiatan ini sebagai upaya melestarikan lingkungan dan protein masyarakat,” ungkapnya.

Baca juga:  Ratusan Calhaj Dilepas, Ini Kata Bupati Sukabumi

Menurut H. Marwan, protein untuk masyarakat bisa didapatkan dari ikan hasil pembibitan di situ.

“Ketika ikan ini sudah besar, masyarakat bisa memancingnya untuk pemenuhan protein keluarga,” terangnya.

Kegiatan Bakti PU ke 78 ini, tidak sekadar memancing saja. Namun, ada berbagai aksi sosial hingga perekaman administrasi kependudukan.

“Setiap kegiatan kami, selalu ada perekaman adminduk ataupun hal lainnya. Ini sebagai upaya agar semua masyarakat di Kabupaten Sukabumi terdata dengan baik,” bebernya.

Sementara itu Kepala Dinas PU Kabupaten Sukabumi H. Asep Japar menambahkan, kegiatan mancing di Situ Cisuba merupakan event memancing terakhir di tahun ini. Hal itu setelah menjalani berbagai rangkaian dari sejumlah wilayah di Kabupaten Sukabumi.

“Setelah beberapa rangkaian memancing di sejumlah situ, ini yang terakhir. Meskipun kegiatan lainnya masih ada. Salah satunya peresmian Jembatan Cinumpang yang rencananya akan dilaksanakan esok hari,” terangnya.

Baca juga:  Kader dan Struktur Partai Tak Dukung AMAN Segera Mundur

Pasca rangkaian kegiatan ini, H. Asep bisa menyerap berbagai aspirasi. Termasuk melihat potensi ataupun kondisi di lapangan yang bisa dikembangkan di kemudian hari.

“Melalui kegiatan ini, masyarakat dengan pemerintah bisa bersatu. Selain itu, bisa saling memberikan masukan dan informasi. Hasil aspirasi itu kita serap untuk digodok dan dijadikan program di kemudian hari,” pungkasnya.

Dalam rangkaian kegiatan tersebut, H. Marwan turut menyerahkan bantuan berupa sembako kepada para lansia. Selain itu, ada penyerahan santunan bagi anak yatim piatu. Terakhir, H. Marwan pun menyerahkan KTP el kepada remaja yang telah berusia minimal 17 tahun.**

Pos terkait