Cegah Pelanggaran Kampanye, Panwascam Palabuhanratu Gelar Sosialisasi bagi PKD

Guna meminimalisir pelanggaran kampanye pada Pemilu 2024, panwascam Palabuhanratu menggelar sosialisasi bagi Pengawas Kelurahan Desa (PKD) di aula Kecamatan Palabuhanratu.| Foto: Ndie

LINGKARPENA.ID | Menjelang masa kampanye Pemilu 2024, Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, terus berupaya memastikan kelancaran pelaksanaan dan mencegah pelanggaran.

Salah satu langkah yang diambil adalah melakukan sosialisasi kepada Pengawas Kelurahan Desa (PKD), yang disajikan melalui kegiatan publikasi dan dokumentasi persiapan pengawasan distribusi logistik.

Kegiatan tersebut tidak hanya melibatkan PKD saja, akan tetapi juga melibatkan awak media dan tokoh masyarakat.

Sosialisasi digelar di aula rapat kantor Kecamatan Palabuhanratu, jalan KH. Anwari, Desa Citepus. Ketua Panwascam Palabuhanratu, Diki Permana, mengajak semua pihak, termasuk PKD, tokoh masyarakat, dan media, untuk bersama-sama mengawasi setiap tahapan pemilu, tidak hanya pada masa kampanye pilpres dan pileg.

Baca juga:  PLUT KUKM Kab Sukabumi dan BPJS Ketenagakerjaan Gelar Sosialisasi Kecamatan Pabuaran

Diki menekankan bahwa pengawasan perlu dilakukan pada tahapan lain, seperti penyaluran logistik hingga proses pemilihan yang akan berlangsung pada bulan Februari 2024.

“Kami melaksanakan kegiatan dokumentasi dan edukasi kepada seluruh PKD terkait masa kampanye yang akan dilaksanakan pada tanggal 28 November – 10 Februari 2024,” ungkap Diki, Minggu, (26/11/2023).

Sasaran utama pengawasan selama masa kampanye adalah mencegah netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN), termasuk kepala desa. Diki menyebut bahwa Palabuhanratu, khususnya kelurahan, merupakan daerah yang rawan pelanggaran karena banyak calon legislatif berasal dari sana.

Baca juga:  Polres Sukabumi Gagalkan Perang Sarung di Simpenan, Belasan Remaja Digelandang

“Untuk saat ini, persiapan sudah sesuai yang diharapkan, dan belum terjadi pelanggaran, Caleg terbanyak berasal dari Kelurahan Palabuhanratu,” jelasnya.

Dengan adanya kegiatan rapat koordinasi dan sosialisasi, Diki berharap Pemilu 2024 di Palabuhanratu dapat berlangsung dengan baik.

“Kami mengajak semua pihak untuk berkontribusi menjaga integritas dan netralitas dalam proses demokrasi ini,” ucapnya.

Baca juga:  Mayat Tanpa Identitas Ditemukan Mengambang di Laut Ujunggenteng

“Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman dan kesadaran semua pihak terkait tanggung jawab dalam menjaga netralitas dan menciptakan lingkungan yang kondusif menjelang dan selama masa kampanye hingga proses pemilihan,” pungkasnya.

Pos terkait