Rumah Lansia di Sukabumi Ambruk, Ini Penyebabnya

Kondisi rumah lansia di Desa Neglasari Kecamatan Nyalindung Sukabumi pasca diterpa angin kencang.| Foto: P2BK

LINGKARPENA.ID | Cuaca ekstrim yang disertai angin kencang yang terjadi di Kabupaten Sukabumi, sehingga menyebabkan sebuah rumah panggung yang berukuran 9×5 meter persegi roboh.

Peristiwa teersebut terjadi di Kampung Karikil RT50 RW 007 Desa Neglasari, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi.

Berdasarkan keterangan Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Purabaya, Yanto Pryatno mengatakan, peristiwa bencana terjadi sekira pukul 16.30 WIB.

Baca juga:  Pohon Tumbang Tiga Rumah Rusak di Parungkuda

Saat itu di lokasi sedangcterjadi hujan deras yang disertai angin kencang, sehingga mengakibatkan satu rumah milik pasangan lansia Parma (73) dan Edis (63) roboh.

“Setelah menerima laporan saya langsung berkoordinasi dengan unsur Forkopimcam Purabaya dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi. Kemudian langsung melakukan asessment ke lokasi kejadian,” tulis Yanto dalam keterangannya yang diterima wartawan, Kamis (2/10/2023).

Baca juga:  Polres Sukabumi Berbagi Takjil Dijalur Mudik Utara

Lanjut dia, usai tiba dilokasi petugas langsung melakukan evakuasi dan penyelamatan pemilik rumah dibantu oleh warga setempat. Pemilik rumah beserta barang-barang perabotan bisa diselamatkan.

“Alhamdulilah, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa bencana rumah panggung roboh. Namun rumah korban tidak dapat dihuni karena mengalami rusak berat dan korban di ungsikan kerumah anaknya,” ungkapnya.

Baca juga:  Hujan Deras Mengakibatkan Tanggul Penahan Tanah Jebol, di Perum Gardenia Subangjaya

Yanto menegaskan, untuk kerugian masih dalam perhitungan. Korban saat ini sangat membutuhkan uluran tangan dari pihak pemerintah maupun para donatur untuk memperbaiki rumahnya yang rusak berat akibat bencana tersebut.

Pos terkait