Strategi Jitu Polres Sukabumi untuk Pengamanan Pilkades Serentak 2023

Rapat strategi persiapan pengamanan Pilkades serentak 2023 yang digelar Polres Sukabumi.| istimewa

LINGKARPENA.ID | Polres Sukabumi menggelar rapat rumusan strategi persiapan pengamanan Pemilihan Kepala Desa Pilkades serentak yang dihadiri para Pejabat Utama dan para Kapolsek berlangsung di Polres Sukabumi, Selasa, 19 September 2023.

Diketahui Pemilihan Kepala Desa serentak di Kabupaten Sukabumi akan dilaksanakan pada Hari Minggu tanggal 24 September 2023 mendatang. Ada sebanyak 71 Desa di Kabupaten Sukabumi yang bakal menggelar Pilkades di Tahun 2023 ini.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun, jumlah desa yang masuk ke dalam wilayah hukum Polres Sukabumi sebanyak 65 Desa. Dan untuk sisanya masuk ke wilayah hukum Polres Sukabumi Kota.

Baca juga:  On The Street Bubos Ke7, Diskominfo Kab Sukabumi Berbagi Cinta Bersama Santri di Cikembar

“Ya, dari jumlah 71 desa yang bakal menggelar Pilkades serentak ini 65 desa masuk wilayah hukum Polres Sukabumi. Dan 6 desa masuk wilayah hukum Polres Sukabumi Kota,” ujar AKBP Maruly Pardede dalam keterangannya.

Untuk strategi pengamanan demi mensukseskan pesta demokrasi Pilkades itu, maka Kapolres Sukabumi menggelar rapat dengan seluruh pejabat utama dan para Kapolsek Jajaran guna merumuskan strategi yang tepat dalam mengamankan kegiatan Pilkades.

“Saya sengaja melaksanakan kegiatan Gelar Operasional Rutin (GO) yang didalamnya ada pembahasan khusus tentang kesiapan Polres Sukabumi untuk mengamankan pelaksanaan kegiatan Pilkades yang dilaksanakan secara serentak,” jelasnya.

Menurut Maruly, dalam kegiatan Gelar Operasional itu, dirinya mendengarkan pemaparan dari Kasat terkait dan Kapolsek yang dimana diwilayah nya dilaksanakan Pilkades tentang situasi terkini tahapan Pilkades, kendala yang dihadapi juga kerawanan yang mungkin terjadi.

Baca juga:  Seorang Pencuri di Sukabumi Terancam 7 Tahun Penjara

“Dari pemaparan yang saya terima, saya dibantu oleh Wakapolres dan para pejabat utama Polres sudah membuat pola pengamanan yang tepat. Pola pengamanan tersebut disesuaikan dengan situasi kerawanan di masing-masing desa,” tuturnya.

Lebih jauh Maruly mengungkapkan, pola pengamanan yang telah dirumuskan nya akan menentukan pada penempatan atau ploting personil dilapangan pada saat pelaksanaan nya.

“Pelaksanaan pengamanan tentunya ada skala prioritas pada penempatan personil berdasarkan katagori penilaian data kerawanan yang saya telah terima. Jadi intinya Polres Sukabumi dan jajaran telah siap mengamankan gelaran Pilkades nanti,” tandasnya.

Baca juga:  Tanaman Cabai di Sukaraja Alami Pembusukan, Sekdis Pertanian Angkat Bicara

Kapolres berharap, agar para calon berkomitmen pada pakta integritas untuk siap mentaati aturan terutama siap menerima apapun hasil dari Pilkades nantinya. Dikatakan Maruly, kalaupun ada permasalahan dalam pelaksanaan Pilkades agar ditempuh dengan proses hukum yang berlaku.

“Saya imbau kepada pihak panitia agar profesional dan berintegritas melaksanakan tugasnya sesuai peraturan yang berlaku. Khusus kepada semua calon, saya minta komitmennya untuk siap menerima kemenangan dan siap menerima kekalahan,” pungkasnya.**

Pos terkait