Cuaca Ekstrem: TPT Jalan Desa di Parakansalak Sukabumi Ambruk

LINGKARPENA.ID | Peristiwa ambruknya jalan desa dan tebing penahan tanah terjadi di kampung Tangkil RT 01, RW 05, dan kampung Kebon Muncang Desa Lebaksari Kecamatan Parakansalak, Kabupaten Sukabumi.

Kejadian ini terjadi pada Minggu, 12 November 2023, sekitar pukul 15.30 WIB. Akibat cuaca ekstrem hujan deras disertai angin kencang, jalan desa dan tebing penahan tanah di daerah tersebut mengalami ambruk.

Baca juga:  TMMD Ke 117 Kodim 0622 Kabupaten Sukabumi Resmi Dibuka

Manajer Pusat Pengendalian dan Operasi pada BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Sukabumi, Entis Daeng Sutisna, mengatakan bahwa jalan desa di kampung Tangkil mengalami longsor dengan panjang sekitar 50 meter, lebar 10 meter dan ketinggian 30 meter.

“Sementara itu, tebing penahan tanah yang juga longsor di jalan desa di kampung Kebon Muncang memiliki panjang sekitar 6 meter, lebar 50 sentimeter, dan tinggi 2,5 meter,” ujarnya.

Baca juga:  TPT SDN Cisarua Tiga Kali Ambruk, Kepsek: Pembangunannya Asal-asalan

Menurut Daeng, dari laporan petugas di lapangan, jalan desa yang longsor saat ini tidak bisa dilalui kendaraan baik roda dua maupun roda empat. Akibat dari kejadian ini, dua kepala keluarga dengan 6 jiwa dan satu keluarga dengan tiga jiwa terpaksa mengungsi ke rumah kerabat terdekat.

“Kebutuhan mendesak saat ini adalah bahan material untuk perbaikan dua jalan tersebut,” ucapnya.

Baca juga:  Raperda Perubahan APBD di Paripurna DPRD Sukabumi

Untuk penanganan sementara, petugas P2BK di lapangan beserta jajaran forkompimcam dan pemdes setempat telah melakukan tinjauan dan juga pembersihan material longsoran.

“Masyarakat pun diimbau untuk selalu berhati-hati dan waspada pada masa penghujan seperti saat ini,” tandasnya.

Pos terkait