Sekolah MD di Cikakak Sukabumi Tertimpa Longsor

LINGKARPENA.ID | Sekolah Madrasah Diniyah di Kampung Legok Jabon, RT 05, RW 04, Desa Cirendang, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi mengalami rusak berat.

Kerusakan terjadi setelah bagian dinding salah satu ruang kelas jebol akibat tertimpa material tanah longsor. Kejadian ini terjadi sekitar pukul 01.50 WIB tengah malam, Minggu, 12 November 2023. Beruntung dalam peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa maupun korban luka.

Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan Cikakak, Agus Mahardika mengatakan, berdasarkan hasil keterangan saksi saat dirinya melakukan tinjauan ke lokasi kejadian bersama jajaran forkompimcam Cikakak, bahwa sebelumnya terjadi hujan deras cukup lebat.

Baca juga:  Cegah Kejahatan Polisi Sambangi Minimarket

Namun, kata Agus Tiba-tiba, sekitar pukul 01.50 WIB, warga sekitar dikejutkan dengan suara keras seperti sesuatu yang roboh atau ambruk, yang kemudian pagi hari warga mendapati dinding salah satu ruangan atau kelas dari bangunan Madrasah Diniyah Ahkam jebol tertimpa material tanah dari tebing yang longsor.

Agus Mahardika menjelaskan bahwa pihaknya mendapat laporan dari warga terkait peristiwa ini. Setelah itu, pihaknya melakukan koordinasi dengan Babinsa, Bhabinkamtibmas Cikakak, dan unsur terkait lainnya untuk melakukan peninjauan.

Baca juga:  Kawasan Gunung Gede Kebakaran, Sumber Api Belum Diketahui

“Saat ini, kondisi bangunan atau ruang belajar mengalami rusak berat, sehingga anak-anak atau pelajar tidak bisa melakukan aktivitas kegiatan belajar mengajar di ruangan,” ungkapnya.

“Semuanya anak-anak atau pelajar yang menimba ilmu di madrasah ini berjumlah 58 jiwa, terpaksa tidak bisa sekolah karena bangunannya rusak,” terangnya.

Lanjut Agus, pihak forkompimcam dan masyarakat sekitar turut serta dalam evakuasi material yang merusak bangunan sekolah tersebut. Kegiatan gotong-royong ini diharapkan dapat membantu memulihkan situasi dan memperbaiki bangunan madrasah diniyah tersebut.

Baca juga:  Cuaca Buruk Sebabkan Longsor di Dua Desa di Kecamatan Simpenan

Saat ini, Madrasah Diniyah Ahkam tengah membutuhkan bantuan dan dukungan untuk memperbaiki kondisi bangunan dan kelas yang rusak tersebut.

“Diharapkan, pemerintah setempat dapat memberikan perhatian dan dukungan untuk memperbaiki fasilitas pendidikan di daerah setempat,” tandasnya.

Pos terkait