Gandeng JICA, DKP3 Kota Sukabumi Kembangkan Bawang Merah

DKP3 Kota Sukabumi bersama JICA dan kelompok tani di Kecamatan Cibereum saat panen bawang merah.| istimewa

LINGKARPENA.ID | Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Sukabumi bekerja sama dengan JICA (Japan International Cooperation Agency) menggelar kegiatan panen serta Bimbingan Teknis (bimtek) penanaman bawang merah Kelompok Tani Tentram dan Karang Mekar, belum lama ini.

Menurut Penyuluh Pertanian DKP3, Helga mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan disalah satu lahan Kelompok Tani di wilayah Kecamatan Cibeureum tersebut merupakan kelanjutan dari program JICA yang dimulai pada tahun 2022 lalu.

Baca juga:  Pemerintah Pusat Anugerahkan KH Ahmad Sanusi Warga Kota Sukabumi Sebagai Pahlawan Nasional

“Ya meskipun bawang merah ini merupakan komoditas baru yang ditanam oleh Kelompok Tani, tapi hasilnya cukup menjanjikan. Karena dari satu kilogram bibit bisa menghasilkan 90 kilogram bawang merah siap panen,” singkat Helga.

Sementara itu Koordinator Proyek JICA wilayah Sukabumi, Bogor dan Cianjur, Rizman menjelaskan, peran JICA adalah menjadi fasilitator pengembangan Sumber Daya Manusia disektor pertanian.

Baca juga:  Puluhan Pokdakan Kota Sukabumi Ikuti Bimtek Penerbitan NIB dan Kusuka

Dijelaskan Rizman, mengenai pemilihan bawang merah sebagai komoditas yang dibudidayakan merupakan hasil dari penyusunan rencana usaha kelompok dan karena komoditas ini memiliki harga yang lebih baik dibandingkan tanaman sayuran lainnya.

“Lebih ke fasilitator pengembangan sumber daya manusia untuk petani. Kita bertahap jadi yang awalnya itu penyusunan rencana usaha kelompok tani,” terangnya.

Baca juga:  Implementasikan Program Kemendikbudristek, SMP PGRI 3 Kota Sukabumi Gelar In House Training Selama 6 Hari

“Ya jadi rencana usaha kelompok Tani Karang Mekar dan Tentram ini memang mengharapkan budidaya komoditas baru yaitu bawang merah, karena memang harganya lebih bagus dibandingkan sayuran. Setelah muncul rencana usaha kelompok, kita menganalisis apa yang dibutuhkan,” sambungnya.

Rizman juga mengharapkan kedua Kelompok Tani tersebut dapat menjadi produsen bawang merah yang besar kedepannya di Kota Sukabumi.**

Pos terkait