Gelar Seni SMPN 3 Kota Sukabumi, Ajang Pentas Seni dan Kreativitas Siswa

Momen photo bersama pada kegiatan pentas kreasi seni dan budaya (Gelar Seni) SMP Negeri 3 Kota Sukabumi, Selasa (27/2/2024).| Foto: Istimewa

LINGKARPENA.ID | Dalam rangka menumbuhkembangkan serta mengaktualisasikan bakat, seni, kreativitas dan potensis yang dimiliki para siswa, SMPN 3 Kota Sukabumi kembali menggelar Pekan Kreaasi Seni sebagai bentuk eksplorasi potensi, kreasi seni tahun pelajaran 2023/2024.

Kegiatan pentas kreasi seni dan budaya SMPN 3 Kota Sukabumi ini rencananya akan berlangsung selama 2 hari dan dimulai tanggal (27/08/2024) yang digelar di halaman sekolah dimulai pada Selasa, (27/2/24).

Pekan kreativitas siswa ini di ikuti oleh semua siswa/i SMPN 3 Kota Sukabumi dengan di dampingi oleh Wali Kelasnya masing-masing. Acara yang dimulai pukul 08:00 wib pagi tadi dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sukabumi Punjul Saepul Hayat dan juga dihadiri Pamong Budaya H. Dr. Barkah prapta, M.Pd.

Baca juga:  Ribuan Siswa Setukpa Lemdiklat Polri Sukabumi, Bentangkan 100 Meter Bendera Merah Putih

Atas digelarnya pentas seni tersebut, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sukabumi sangat mengapresiasi kegiatan yang dinilai sebagai wadah untuk menyalurkan kreativitas seni para siswa di SMP Negeri 3 Kota Sukabumi tersebut.

“Jadi bukan hanya itu saja, tentunya kegiatan ini bisa terlaksana oleh para siswa tidaklah mudah. Ya mulai dari mempersiapkan konsep, berlatih, memilih kostum sampai dengan mereka tampil. Jelas itu sangat berharga prosesnya, ini yang kita harus apresiasi,” ujar Punjul dalam sambutannya di depan para guru dan seluruh siswa yang hadir.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sukabumi menilai, para siswa memiliki energi, bakat dan potensi yang besar. Untuk itu, sangat diperlukan tempat yang mendukung, salah satunya lewat kegiatan seperti ini.

Baca juga:  Kemeriahan Serah Terima 114 Siswa Baru di SDN Cipanas Kota Sukabumi

“Ya selama prosesnya, para siswa ini berinteraksi, baik dengan teman sebayanya, guru maupun orang tua. Tentu ini menjadi pengalaman dan kenangan yang tidak bisa dilupakan oleh mereka,” singkatnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sukabumi Punjul Saepul Hayat, saat memberikan sambutan di pentas kreasi seni dan budaya SMP Negeri 3 Kota Sukabumi.| ist

Sementara itu, Kepala SMP Negeri 3 Kota Sukabumi Rachmat Dharmadi, M.Md., mengatakan, selain menjadi ajang kreativitas seni budaya, pekan kreasi seni ini juga menjadi sarana ekonomi kreatif. Hal ini sesuai dengan implementasi kurikulum merdeka melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

Pekan kreasi seni diikuti oleh seluruh siswa mulai kelas 7, 8 dan 9 dan rencananya digelar selama dua hari. Pada pembukaan menampilkan kelas 8 dan untuk kelas 9 akan dilaksanakan hari Rabu 28 Februari besok.

Baca juga:  Usai Diresmikan, Bangunan Teras Cipelang Herang di Kota Sukabumi Ambruk

“Jadi selain menampilkan seni budaya seluruh nusantara, ini juga sebagai ajang pembuktian bakat bagi para siswa. Ya soal tema ini sesuai dengan implementasi P5,” kata Rachmat.

Bahkan jangan hanya dilakukan pembelajaran di sekolah, kata Rachmat, hasil dari kegiatan ini diharapkan bisa menjadi bekal para siswa untuk bermasyarakat.

“Tentunya dalam kegiatan pentas seni dan budaya kreasi seni ini banyak hal yang dipelajari oleh siswa, mulai dari belajar mandiri hingga gotong-royong. Ini menjadi bekal para siswa kedepannya saat berada di lingkungan masyarakat,” pungkasnya.

 

Pos terkait