Ini Salah Satu Kelurahan di Kota Sukabumi, P2RW Rampung 100 Persen

Inilah hasil dari P2RW Kelurahan Nanggeleng sudah rampung 100 persen pembangunan.| istimewa

LINGKARPENA.ID | Sangat membanggakan RW 12 Kelurahan Nanggeleng menggunakan Program Pemberdayaan Rukun Warga (P2RW) untuk melakukan penataan lingkungan.

Ketua RW setempat, Gandi Suganda, saat ditemui dalam peninjauan pelaksanaan P2RW oleh pihak kelurahan pada 12 Juli 2023, mengungkapkan penataan tersebut meliputi pemasangan paving block pada jalan gang sepanjang 125 meter.

Ia menuturkan dalam perencanaan penataan hanya akan dilakukan untuk jalan gang sepanjang 100 meter, namun karena terdapat kelebihan material serta swadaya masyarakat, realisasi penataan bisa melampaui rencana. Kedepannya akan dilakukan pula penambahan tanaman dibeberapa bagian jalan.

Baca juga:  Semarak HUT Korpri Ke-51, Pemkot Sukabumi Gelar Kegiatan Layanan Masyarakat

“Yang kita ajukan 100 meter, ternyata ada kelebihan barang dan alhamdulillah masyarakat juga antusias untuk membantu pembangunan jalan,” ujarnya.

Sedangkan di RW 09, tanah wakaf masjid setempat dimanfaatkan untuk mendirikan bangunan Posyandu yang akan difungsikan pula sebagai gedung serba guna. Ketua RW, Suhanda, menerangkan selain menggunakan dana P2RW, pembangunan juga mendapatkan bantuan dari masyarakat.

“Dana P2RW kebetulan kita manfaatkan untuk pembangunan Posyandu. Secara fungsinya bukan untuk Posyandu saja, kita jadikan gedung serba guna, bisa dimanfaatkan untuk DKM. Karena inikan wakafnya atas nama masjid. Kebetulan ini didirikan diatas bangunan yang sudah ada yaitu tower artesis, lantai duanya. Biaya kurang lebih sekitar Rp. 60 juta. Swadaya masyarakat lebih dari Rp. 40 juta,” terangnya.

Baca juga:  HUT Kemerdekaan, Bupati Sukabumi: Jangan Melupakan Sejarah dan Teladani Perjuangan Para Pahlawan

Sedangkan Ketua RW 01, Suherman, yang ditemui pada hari yang sama, menjelaskan P2RW tahun ini digunakan untuk membangun jalan dan jembatan. Ia pun menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Pemerintah Kota Sukabumi karena telah menyelenggarakan P2RW dan kedepannya ia merencanakan memanfaatkan program ini untuk memperbaiki jalan dan WC umum.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota, Kelurahan dan Kecamatan atas bantuan P2RW. Harapan kedepannya untuk memperbaiki jalan dan WC umum,” jelasnya.

Baca juga:  Dua Veteran Pembela Kemerdekaan Dikunjungi Kapolres Sukabumi Kota

Sekretaris Kelurahan Nanggeleng, R.P. Esa Wardhana, seusai peninjauan menjelaskan bahwa setiap RW telah menyelesaikan pembangunan dalam P2RW dan kini pihaknya tengah menunggu laporan pertanggungjawaban yang disusun oleh setiap RW.

“kalau untuk P2RW itu sudah 100 persen, beres semuanya. Tinggal pengajuan SPJ proposal saja, ada beberapa yang belum. Jenis kegiatan lebih banyak ke fisik,” pungkasnya.**

Pos terkait